Namanya Disebut Jadi Cawapres Anies, Begini Reaksi Khofifah

- Rabu, 24 Mei 2023 | 12:02 WIB
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa disebut masuk dalam kandidat cawapres Anies Baswedan. (Z Creators/Arka Atta)
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa disebut masuk dalam kandidat cawapres Anies Baswedan. (Z Creators/Arka Atta)

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, disebut sebagai salah satu kandidat calon wakil presiden (Cawapres) yang nantinya akan mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendatang.

Munculnya nama Khofifah itu, diketahui saat Din Syamsuddin mengaku memberi masukan ke Presiden PKS Ahmad Syaikhu mengenai kriteria calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

"Karena Anies Baswedan lebih dipersepsikan sebagai figur muslim, kalau bisa wakilnya dari pihak bukan seberang ya, yang subkultur, inilah kebersamaan kita, yang tadi bilang kan KPP," kata Din usai bertemu Syaikhu di kediamannya di Pondok Labu, Jaksel, Selasa (23/5/2023).

Din pun menyebutkan sejumlah nama yang digadang-gadang menjadi cawapres Anies seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa.

Baca Juga: Kawal Evakuasi Bangkai Paus Balin, Gubernur Khofifah: Dibawa ke Museum Jatim Park

Din menyebut semua tokoh itu masuk dalam kriteria yang cocok dengan Anies. Akan tetapi, kata Din, semua keputusan ada di tangan partai politik pengusung.

-
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa disebut masuk dalam kandidat cawapres Anies Baswedan. (Z Creators/Arka Atta)

"AHY masuk dalam kategori itu, kan dari Partai Demokrat, kalo Khofifah dari tokoh muslimah, jadi sepenuhnya kepada partai pengusung dan kepada calon presiden. Jadi kalau saya pribadi agar merupakan kombinasi, perpaduan dari dua sub kultur besar perpolitikan Indonesia, Islam dan nasional religius, nasional yang lainnya," kata Din.

"Oh iya harus pluralisme karena ini masyarakat dan bangsa yang majemuk oleh karena itu saya tidak berada pada posisi yang boleh mengusulkan, hanya boleh berpikir, " lanjutnya.

Baca Juga: Polisi Mulai Usut Laporan Video Bernarasi Panglima TNI Dukung Anies Baswedan

Menanggapi informasi ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang kebetulan hadir di Jember untuk membuka secara resmi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur ke XXXI tahun 2023 di GOR Perjuangan 45 Politeknik, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Selasa (23/5/2023).

Mengaku belum menerima kabar soal namanya tersebut sebagai cawapres yang nantinya akan mendampingi Anies Baswedan.

Bahkan Khofifah hanya memberikan jawaban singkat, dan terkesan menghindar saat diminta memberikan tanggapan soal namanya tersebut sebagai cawapres.

"Oalah rek.. Oalah rek... Wis-wis... Aku belum baca," ucap singkat Khofifah saat dikonfirmasi Z Creator Arka Hatta, sambil berlalu.

Artikel Menarik Lainnya:

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X