15 Tahun Tak Diperbaiki, Jalan di Tengah Kota Ponorogo Ditambal Warga! Bupatinya Kemana?

- Senin, 20 Juni 2022 | 18:38 WIB
Warga perbaiki Jalan Wilis, Kabupaten Ponorogo. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)
Warga perbaiki Jalan Wilis, Kabupaten Ponorogo. (Pramita Kusumaningrum/IDZ Creators)

Kesal karena tak kunjung diperbaiki, warga Jalan Wilis, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur menambal sendiri jalan berlubang. Perbaikan tersebut dilakukan atas insisiatif warga dengan hasil iuran. 

Walaupun berada di pusat kota, namun jalan ini sudah belasan tahun tak pernah tersentuh perbaikan. Dari pantauan Pramita Kusumaningrum, Tim IDZ Creators di lapangan, para warga terlihat bahu membahu menambal jalan berlubang. 

 

Ada yang mengaduk semen dan pasir hingga memplester jalan. Dono, Ketua RT 03 RW 02, Kelurahan Banyudono, mengaku jika sudah 15 tahun jalan ini tidak pernah tersentuh perbaikan. Dia ingat betul bahwa terakhir hanya ditambal. 

 

"Terakhir itu waktu pemilu beberapa waktu lalu di tambal. Itupun seseorang bukan pemerintah," ujar Dono, Senin (20/6/2022). 

 

Dia menjelaskan warga sudah menunggu lama. Hingga akhirnya memilih iuran untuk menembel sementara dengan semen. Pasalnya jalan berlubang di Jalan Wilis dinilai sudah parah. 

 

"Tidak ada yang bisa dipilih. Akhirnya dilintasi begitu saja. Kadang ban bocor, pir patah," tambahnya. 

 

Menurutnya, iuran warga terkumpul Rp2 juta. Namun uang tersebut hanya cukup untuk dibelikan semen dan pasir. Untuk tenaga dilakukan secara kerja bakti. 

 

"Murni karena kemanusiaan. Melihat banyak orang bannya bocor kadang sampai pir patah juga kasihan," terangnya. 

Halaman:

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X