Paus Sperma 10 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Pesisir Pantai Maluku Utara

- Rabu, 14 Juni 2023 | 10:32 WIB
Bangkai Paus Sperma di Tidore. (Z Creators/Pasra Rukuwa)
Bangkai Paus Sperma di Tidore. (Z Creators/Pasra Rukuwa)

Seekor Paus Sperma ditemukan mati terdampar di pesisir pantai Kelurahan Seli, Kabupaten Tidore, Provinsi Maluku Utara, Senin (12/6). Bangkai Paus ini ditemukan masyarakat. 

Kepala Stasiun PSDKP Ambon, Mubarak melalui Koordinator Satwas SDKP Ternate, Sunapit M. Taher dalam keterangannya Selasa (13/6) menjelaskan, saat ditemukan, bangkai Paus Sperma ini dalam keadaan membusuk tingkat lanjut. 

Panjang Paus jantan ini dari moncong ke pangkal ekor 10 meter dan lingkar tubuh melalui pangkal sirip samping 7 meter. 

Baca Juga: FOTO: Paus Mati Terdampar di Bali

"Hari Senin pukul 16.40 WIT, 1 ekor paus sperma ditemukan masyarakat dalam keadaan mati terdampar dan dalam keadaan membusuk tingkat lanjut di sekitar Pantai Kelurahan Seli,"ungkapnya Selasa malam. 

Apa pastinya yang jadi penyebab mamalia laut ini mati, belum diketahui. 

"Dugaan penyebab kematian belum diketahui,"sambungnya. 

Bangkai Paus Sperma ini dimusnahkan dengan cara dekomposisi alami di Pulau Mare tepatnya di teluk sekitar mangrove Desa Maregam, Kecamatan Tidore Selatan, Kota Tidore Kepulauan. 

"Lokasi dekomposisi alami dilakukan di area mangrove. Bangkai Paus Sperma kemudian diikat di sekitar mangrove di Desa Maregam dan jauh dari pemukiman penduduk dan kegiatan masyarakat,"bebernya. 

Untuk pindahkan bangkai paus tersebut dari lokasi ditemukan untuk dekomposisi alami, tim Loka PSPL Sorong, Satwas SDKP Ternate dan DKP Maluku Utara butuhkan waktu 3 jam perjalanan lewat laut menempuh jarak 3 mil, Selasa siang tadi.

Baca Juga: FOTO: Paus Sperma Terjerat Jaring Ikan Nelayan di Laut Tengah

"Proses evakuasi bangkai Paus Sperma dilakukan dengan bantuan dari masyarakat nelayan di Kelurahan Seli dan dibantu oleh 2 kapal bantuan nelayan dari DKP Tidore,"tandasnya.

Artikel menarik lainnya: 

Konten ini adalah kiriman dari Z Creators Indozone.Yuk bikin cerita dan konten serumu serta dapatkan berbagai reward menarik! Let's join Z Creators dengan klik di sini.

Halaman:

Editor: Z Creators

Tags

Rekomendasi

Terkini

X