Sepi Bak Kuburan, Potret Terkini Blok M Mall Padahal Dulunya Tempat Hits Anak Jaksel

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:04 WIB
Blok M Mall sepi bak kuburan. (Z Creators/Vivi Sanusi)
Blok M Mall sepi bak kuburan. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Blok M Mall tak lagi segemerlap dahulu. Berada di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, mal ini pernah berjaya di masa 1990 sampai 2010-an. Blok M yang menjadi kawasan hits bagi anak muda Jakarta kala itu sebagai tempat nongkrong dan belanja. 

Mal ini juga menjadi tempat lalu lalang penumpang dengan pertokoan yang menjual berbagai barang serba ada mulai pakaian, makanan sampai buku, kaset, dan CD. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau daripada mal lainnya yang di sekitarnya, seperti Blok M Plaza, Melawai Plaza, dan Pasaraya.

-
Terminal Blok M Mall kondisinya sekarang sepi. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Diresmikan pada 1992 oleh Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto, mal seluas 3,5 hektare ini menghadirkan tempat belanja yang berbeda dari mal kebanyakan. 

Blok M Mall ini dibangun untuk menata kesemrawutan arus penumpang bus kala itu. Oleh karena itu, Blok M Mall ini menjadi mal bawah tanah pertama di Jakarta dan berada di bawah Terminal Blok M. 

-
Blok M Mall sepi bak kuburan. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Kemudian Terminal Blok M ditata menurut jalur dan rute bus dengan lobi dan pusat pertokoan di dua lantai bawah tanah sekaligus menjadi jalan pintas yang menghubungkan beberapa arah ke terminal.

Dulunya, Blok M Mall menjadi tempat relokasi para pedagang kaki lima di sekitar terminal, tapi kondisinya sekarang sangat mengenaskan. Bak kuburan, hampir 90 persen toko di sini tutup dan sepi pengunjung. 

Terlihat lorong mal yang kosong dan aktivitas pengunjung yang melewati tempat ini juga bisa dihitung jari. Menjamurnya toko online serta keberadaan mal lain yang lebih estetik dan kekinian juga menjadi beberapa penyebab mal ini dilupakan. 

-
Blok M Mall sepi bak kuburan. (Z Creators/Vivi Sanusi)

Perubahan dan penataan transportasi dengan hilangnya Metromini dan Kopaja juga ikut menjadi penyebab sepinya pembeli. Sepinya mal ini juga dialami Terminal Blok M yang sepi armada angkutan. 

Berbanding terbalik dengan beberapa tahun silam, terminal ini dipenuhi Metromini, kopaja, dan Bus Mayasari Bakti. Sekarang, semua transportasi itu tergantikan oleh Transjakarta.

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join IDZ Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Rekomendasi

Terkini

X