Heboh Harbolnas, Belanja Iklan TV e-Commerce Masih Jor-joran
Ilustrasi belanja (Pexels/bruce mars)
News

Heboh Harbolnas, Belanja Iklan TV e-Commerce Masih Jor-joran

Tercatat mencapai Rp44,4 triliun

Kamis, 12 Desember 2019 10:46 WIB 12 Desember 2019, 10:46 WIB

INDOZONE.ID - Kementerian Perdagangan telah mengumumkan bahwa tahun ini Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 ditetapkan sebanyak 2 (dua) hari, yakni tanggal 11-12 Desember 2019. 

Untuk meramaikan Harbolnas 2019, Riset Monitoring Iklan Televisi Adstensity mendata adanya persaingan belanja iklan televisi sektor e-commerce (plus sektor ritel) selama berjalannya tahun ini.

Periode Januari–November 2019, Shopee bersaing ketat dengan Blibli dalam promosi iklan sektor e-commerce di televisi. 

Shopee berbelanja iklan televisi dengan total nilai Rp825,62 miliar menjadi urutan teratas dalam belanja iklan. Posisi kedua, Blibli.com dengan jumlah belanja iklan mencapai Rp500 miliar. 

"Untuk tema iklan, Shopee mengusung sejumlah tema seperti: Shopee X Gfriend, Shopee 11.11 Big Sale, Shopee 12.12 Birthday Sale, dan Shopee Liga 1 2019. Sedangkan, beberapa tema iklan Blibli di antaranya: Blibli Seru Ga Habis Habis, Blibli Hysteria Syok 11:11, Blibli 24 Jam Buat Kamu, dan Blibli Indonesia Open 2019," ujar VP Operation & Legal PT. Sigi Kaca Pariwara | TV Ad Monitoring Solution, Ridho Marpaung dalam keterangan tertulisnya, Kamis (12/12).

Selain kedua nama tersebut, pada posisi ke-3 ada Traveloka dengan total belanja iklan Rp472,37 miliar. Posisi ke-4 adalah Misteraladin.com dengan total belanja iklan Rp429,63 miliar. Tempat ke-5 ditempati Tokopedia dengan jumlah belanja iklan Rp336,08 miliar.

Secara keseluruhan industri e-commerce, periode Januari-November 2019, belanja iklan televisi sektor e-commerce tercatat mencapai Rp4,44 triliun. Angka ini ternyata turun sedikit 3,90 persen dibandingkan (year on year) periode sama 2018 yang mencapai Rp4,62 triliun. 

Dari sisi jumlah iklan televisi, periode tahun ini tercatat sebanyak 126.607 iklan atau turun 10,80 persen dibandingkan dengan periode Januari–November 2018.
       
Apabila membandingkan dengan belanja Iklan televisi industri ritel, periode Januari-November 2019 belanja iklan ritel tercatat mencapai Rp343,66 miliar. Angka ini merupakan penurunan tajam 33,59 persen dibandingkan periode sama 2018 yang tercatat Rp517,50 miliar. 

"Secara jumlah iklan, periode tahun ini tercatat 11.094 iklan atau turun 30,68 persen dari periode sama 2018 yang tercatat 16.004 iklan," pungkasnya.

Artikel Menarik Lainnya: 

TAG
Bela
Nani Suherni
Bela

Bela

Writer
Nani Suherni

Nani Suherni

Reporter

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU