700 KK Maluku Masih Ngungsi, BNPB Berikan Terapi Stres
Kegiatan terapi stres dari BNPB di Maluku. (BNPB).
News

700 KK Maluku Masih Ngungsi, BNPB Berikan Terapi Stres

Negara harus hadir.

Minggu, 08 Desember 2019 09:13 WIB 08 Desember 2019, 09:13 WIB

INDOZONE.ID - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sebanyak 700 Kepala Keluarga (KK), masih berada dipengungsian di Kompleks Tareng Negeri Tengah-Tengah Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah. Warga ini, mengungsi sejak 26 September atau pasca gempa Maluku.

Berdasarkan rekap Surat Keputusan Kepala Daerah terdampak, tercatat untuk rumah rusak terdapat 12.137 unit. BNPB segera melakukan pembuatan buku rekening dan mempercepat pembuatan NIK dan KK untuk percepat distribusi dana bantuan. 

Direktur Penanganan Pengungsi BNPB Johny Sumbung, mengatakan, agar  masyarakat tidak merasa bosan di pengungsian, berbagai acara harus tetap dilakukan sebagai bentuk tetap adanya perhatian. 

Ia mengatakan, kegiatan hiburan untuk anak seperti permainan sulap dan bernyanyi dan pemutaran video edukasi bencana gempa, penting dilakukan untuk sosialisasikan penyelamatan diri bagi anak.  

Selain itu, BNPB mengupayakan di lokasi pengungsian mendapat terapi mengurangi stres dengan berlatih bersama praktisi hipnoterapis. 

"Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan kami tidak melupakan ibu-bapak di sini," ujar Johny dalam keteranganya, Minggu (8/12).

Sebelumnya, BNPB telah menyiapkan dana DTH atau Dana Tunggu Hunian Tetap untuk seluruh terdampak rumah rusak berat sebesar Rp290 Miliar dengan peruntukkan 2.712 unit dan cash for work lima hari bagi semua terdampak kategori rumah rusak atau sekitar Rp 5 miliar di tiga wilayah (Kota Ambon, SBB dan Malteng). 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Indozone
alwan

Alwan

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU