Ternyata, Genre Musik Ini Banyak Disuka Oleh Pemilik IQ Tinggi

- Minggu, 26 Mei 2019 | 10:27 WIB
photo/Ilustrasi/English Hub
photo/Ilustrasi/English Hub

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan di dalam jurnal Evolutionary Behavioral Sciences, menemukan bahwa orang yang lebih menyukai musik instrumental cenderung lebih cerdas.

Adapun peneliti dari Oxford Brookes University, Elena Racevska merasa tertarik dengan bagaimana preferensi musik terkait dengan ciri-ciri kepribadian seseorang ketika sedang belajar.

Ia mengatakan, melalui hipotesis Interaksi Savanna-IQ, individu yang lebih cerdas mencari lebih banyak pengalaman baru dibandingkan mereka yang kurang cerdas.

"Setelah membaca makalah Kanazawa, salah satunya tentang hubungan antara kecerdasan dan preferensi musik, kami memutuskan untuk menguji lebih lanjut hipotesisnya menggunakan serangkaian prediktor yang berbeda, yaitu jenis tes kecerdasan yang berbeda (ukuran nonverbal) dan menggunakan kuesioner musik," jelas Racevska seperti dilansir dari laman NY Post.

"Kami juga mengukur sejumlah variabel yang mungkin memiliki efek dalam hubungan ini, seperti mengambil bagian dalam pendidikan musik ekstra kurikuler, jenis, dan durasinya," lanjutnya.

Diketahui bahwa, Racevska meneliti sebanyak 467 siswa sekolah menengah di Kroasia dan menemukan bahwa mereka yang memiliki skor lebih tinggi pada tes kecerdasan dikaitkan dengan preferensi untuk genre musik seperti jazz, klasik, big band dan juga electronica.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X