PSBB Transisi, Begini Cara Polisi Urai Kepadatan Kendaraan di DKI Jakarta

- Rabu, 10 Juni 2020 | 11:20 WIB
Ilustrasi lalu lintas di DKI Jakarta. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)
Ilustrasi lalu lintas di DKI Jakarta. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

Tanpa menggunakan kebijakan ganjil genap (gage) di Jakarta, Polda Metro Jaya memiliki cara tersendiri untuk mengurai kemacetan yang saat ini terjadi di masa PSBB transisi di DKI Jakarta. Contra flow menjadi cara polisi untuk mengurai kemacetan saat ini yan terjadi di ibu kota.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi lebih dini sebelum terjadi kemacetan. Jumlah personel kepolisian diperbanyak diseluruh titik-titik rawan kemacetan di Jakarta.

"Langkah kita mengurai kemacetan saat ini kita akan tempatkan Polantas di titik-titik rawan khusus pada pagi hari dan petang anggota kita tambah dari yang bertugas di bagian administrasi dan pelayanan," kata Kombes Sambodo saat dihubungi Indozone, Rabu (20/6/2020).

Rekayasa lalu lintas seperti lawan arus atau contra flow juga diberlakukan polisi khususnya di ruas tol dalam kota. Contra flow disebut Sambodo juga diberlakukan oleh pihaknya sejak pagi hari.

"Contra flow di tol sudah kita lakukan. Contohnya contra flow di Antasari kita buka lebih pagi," ungkap Sambodo.

Dikonfirmasi terpisah, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan ada beberapa cara mengurai kemacetan tanpa harus mengandalkan gage di Jakarta. Selain contra flow, cara yang cukup ampuh yaitu pengalihan arus lalu lintas atau buka tutup jalan.

"Langkah kepolisian menangani kemacetan tanpa gage tentunya situasional. Biasanya dilakukan dengan rekayasa arus lalin misalkan buka tutup dan alih arus," pungkas Fahri.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X