Hari Bersejarah 6 Desember, Negara Paling Bahagia Ini Merayakan Kemerdekaan

- Minggu, 6 Desember 2020 | 14:28 WIB
Ilustrasi bendera Finlandia. (Pexels/Baptiste Valthier)
Ilustrasi bendera Finlandia. (Pexels/Baptiste Valthier)

Tanggal 6 Desember adalah hari yang bersejarah untuk rakyat Finlandia. Pada tanggal tersebut di tahun 1917, Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Kekaisaran Rusia, sehingga kini usianya 103 tahun.

Finlandia merupakan negara Nordik yang terletak di Eropa Utara dan menjadi anggota Uni Eropa. Negara ini berbatasan darat dengan Swedia, Norwegia, dan Rusia.

Pada tahun 2013, Finlandia ditempati oleh sekitar 5,5 juta penduduk. Hal ini membuat Finlandia sebagai negara dengan kepadatan penduduk terendah di Uni Eropa.

Dahulu Finlandia merupakan bagian dari Swedia sejak akhir abad ke-12 hingga 1809. Kemudian Finlandia masuk ke dalam Kekaisaran Rusia sampai 1917. Pada tahun inilah Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya.

Namun kemerdekaan ini diikuti dengan perang saudara yang dimulai 27 Januari hingga 15 Mei 1918. Finlandia juga sempat membentuk kerajaan, namun tak bertahan lama dan menjadi negara republik.

-
Ilustrasi pemandangan di Finlandia. (PexelsTristan Pokornyi)

Negara Paling Bahagia di Dunia

Salah satu fakta unik dari negara ini adalah Finlandia dinobatkan sebagai negara paling bahagia di dunia. Hal ini diumumkan berdasarkan hasil studi World Happiness Report 2020.

Beberapa faktor yang membuat Finlandia menjadi negara paling bahagia di dunia adalah jaringan layanan sosial yang baik, pemerintahan yang jujur, pendidikan gratis, lingkungannya yang aman, kepercayaan sosial, dan kehidupan yang sehat.

BACA JUGA: Waktu Kerja di Finlandia Hanya 4 Hari?

Tingkat korupsi di Finlandia disebut sangat rendah. Bahkan kepolisian di negara ini disebut-sebut sebagai polisi yang paling bisa dipercaya di dunia.

Selain itu, Finlandia juga dikenal sebagai daratan dari ribuan danau. Hal ini karena di Finlandia kita bisa menemukan sekitar 187.888 danau.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X