Jokowi Ingin Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara Sesuai dengan Kaidah Saintifik

- Jumat, 12 Maret 2021 | 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)
Presiden Joko Widodo. (Instagram/@jokowi)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah akan terus mendukung inovasi-inovasi yang dilakukan oleh anak negeri. Seperti halnya melakukan penelitian dan pengembangan terkait pandemi Covid-19.

“Kita semuanya mendukung adanya penelitian dan pengembangan baik itu obat maupun vaksin agar terwujud kemandirian di bidang farmasi sekaligus untuk percepatan akses ketersediaan vaksin di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Jokowi dalam video yang disiarkan dalam YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (12/3/2021).

Jokowi menekankan bila pemerintah akan mendukung vaksin Covid-19 yang dibuat oleh anak negeri. Namun harus menghasilkan produk yang aman dan mengikuti kaidah keilmuan.

“Saat ini vaksin yang tengah dikembangkan di Tanah Air adalah Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara yang terus harus kita dukung. Tapi untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik,” jelas Jokowi.

Kepala Negara ini ingin uji klinis kepada dua vaksin buatan anak negeri tersebut dapat dilakukan sesuai dengan prosesur yang  berlaku hingga melibatkan banyak ahli.

Baca Juga: Ratusan Perempuan Myanmar yang Ditangkap Alami Pelecehan Seksual Oleh Militer

“Kaidah-kaidah keilmuan dan uji klinis harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku, terbuka, transparan, serta melibatkan banyak ahli,” ucap dia.

Lebih lanjut Jokowi menilai persyaratan dan tahapan pembuatan vaksin haruslah mengedepankan unsur kehati-hatian serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

“Sehingga vaksin yang dihasilkan aman dan efektif penggunaannya,” katanya.

“Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin. Demikian yang bisa saya sampaikan,” tambahnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X