Di Selandia Baru, Wanita yang Mengalami Keguguran Dapat Cuti 3 Hari

- Jumat, 26 Maret 2021 | 08:50 WIB
Ilustrasi ibu hamil (freepik)
Ilustrasi ibu hamil (freepik)

Di Selandia Baru, wanita yang keguguran diberikan izin untuk mengambil cuti, begitu juga dengan suaminya.

Tunjangan kematian ini disahkan setelah pemungutan suara dengan suara bulat di parlemen Rabu malam, memberi karyawan cuti tiga hari ketika kehamilan berakhir dengan kelahiran meninggal, daripada memaksa untuk menggunakan cuti sakit.

Cuti duka meluas ke pasangan wanita jika dia mengalami keguguran, serta orang-orang yang mencoba memiliki anak melalui ibu pengganti.

Sebelum RUU disetujui, Selandia Baru telah memberikan cuti berbayar bagi para ibu yang mengalami keguguran setelah 20 minggu atau lebih kehamilan.

Undang-undang baru akan memperluas cuti berkabung bagi ibu dan pasangan yang kehilangan kehamilan kapan saja.

Kementerian Kesehatan Selandia Baru memperkirakan bahwa antara satu dan dua dari setiap sepuluh kehamilan mengakibatkan keguguran.

Dikutip dari Daily Mail, Ginny Andersen, pengacara dan anggota parlemen yang merancang RUU tersebut, mengatakan bayi lahir meninggal harus diakui dengan cuti berduka, tetapi stigma yang melingkupi masalah tersebut membuat banyak orang enggan untuk membahasnya.

RUU baru tidak berlaku untuk kehamilan yang diakhiri dengan cara aborsi. Selandia Baru mendekriminalisasi aborsi pada tahun 2020.

RUU baru diharapkan menjadi undang-undang dalam minggu-minggu berikutnya.

Negara lain di seluruh dunia menerapkan kebijakan serupa.

Di Inggris, keguguran yang diderita sebelum akhir minggu ke-24 kehamilan tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan cuti. Namun ibu yang mengalami bayi lahir meninggal setelah minggu ke-24 kehamilan berhak atas cuti melahirkan dan gaji pendamping.

Di India, wanita berhak mendapatkan cuti selama enam minggu jika mengalami keguguran. Namun, mayoritas pekerja perempuan di negara ini bekerja di sektor informal dan karenanya tidak berhak atas cuti.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X