Heboh Ibu Hamil Keguguran dan Rahim Robek karena Rumput Fatimah, Berikut Faktanya!

- Rabu, 31 Maret 2021 | 16:26 WIB
Ibu hamil keguguran karena rumput fatimah (TikTok/infobumildansikecil)
Ibu hamil keguguran karena rumput fatimah (TikTok/infobumildansikecil)

Belum lama ini warganet dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan seorang ibu hamil mengalami keguguran usai mengonsumsi rumput fatimah

Berdasarkan penelusuran Indozone, diketahui bahwa rumput fatimah telah dipercaya secara turun temurun oleh masyarakat bisa membantu proses persalinan ibu hamil.

Maka dari itu, tak jarang banyak ibu hamil yang mengonsumsinya dengan harapan janin bisa lahir dengan normal dan sehat.

Namun ternyata, dr. Dian Indah Purnama, SpOG, mengungkap bahwa mengonsumsi rumput fatimah beresiko terhadap kondisi bayi yang dikandung ibu hamil.

Hal itu dikarenakan kandungan oksitosin dalam rumput fatimah tidak dapat ditakar. Jika ibu hamil sampai berlebihan mengonsumsi oksitosin, hal itu dapat menyebabkan kontraksi rahim tetanik.

Hal ini merupakan kontraksi yang terjadi terus menerus tanpa jeda dan bisa mengakibatkan janin kekurangan oksigen dan berujung kematian.

Tak hanya itu, kontraksi yang terlalu kuat juga akan membahayakan janin berupa pendarahan otak dan ibu hamil berupa robekan rahim. 

Seperti yang diketahui, akun Tiktok @infobumildansikecil membagikan gambar janin yang sudah meninggal dunia melalui proses USG.

Pasien yang merupakan ibu hamil itu pun langsung dilakukan operasi karena mengalami ruptur rahim sehingga harus dilakukan perawatan insentif di rumah sakit selama 7 hari. Dari proses itu pihak dokter menghabiskan 20 kantong darah. 

Setelah ditelusuri, rupanya ibu tersebut minum rumput fatimah saat kehamilan hingga akhirnya kehilangan janin dalam kandungannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X