The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jika Ada Reshuffle, Apakah Mungkin Jokowi Copot Menteri dari PDIP?
Presiden Jokowi. (Instagram/jokowi)
News

Jika Ada Reshuffle, Apakah Mungkin Jokowi Copot Menteri dari PDIP?

Ini jawabannya.

Rabu, 01 Juli 2020 19:07 WIB 01 Juli 2020, 19:07 WIB

INDOZONE.ID - Beberapa waktu lalu, publik dikagetkan dengan video yang berisikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah besar di hadapan para jajaran menterinya. Hal itu dikarenakan ia menganggap kinerja pembantunya tersebut belum maksimal dalam menangani masalah Covid-19.

Bahkan, Jokowi sempat mengancam untuk melakukan perombakan atau reshuffle kabinetnya. Jika terjadi hal demikian, lantas apakah mungkin Jokowi bisa merombak menteri yang berasal dari partai pengusungnya, yakni PDI Perjuangan?

Menurut pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Ujang Komaruddin, tidak mungkin Jokowi akan reshuffle menteri dari PDIP. Pasalnya hal tersebut dikarenakan akan mengurangi jatah kursi partai berlambang banteng ini dalam kabinet.

“Namun jika ada reshuffle nanti tak mungkin Jokowi kurangi jatah menteri dari PDIP. Kalaupun mau mereshuffle menteri dari PDIP, penggantinya juga akan dari PDIP juga,” ucap Ujang kepada Indozone, Rabu (1/7/2020).

“Dan seandainya betul terjadi ada reshuffle paling menteri PDIP yang dianggap kinerjanya jelek di kementerian tertentu hanya akan digeser ke kementerian yang lain,” tambahnya.

Lebih lanjut, Ujang pun menilai bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta dan partai yang dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri tersebut masih saling membutuhkan. Sehingga, keduanya saling menjaga satu dengan yang lain.

“Bagaimanapun Jokowi butuh PDIP, dan PDIP butuh Jokowi. Masih saling butuh. Masih saling menjaga dan saling mengamankan satu sama lain,” tutup Ujang.


Artikel Menarik Lainnya:

TAG
JOIN US
JOIN US