The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jika Vaksin COVID-19 Telah Tersedia, Jubir: Tetap Lakukan Protokol Kesehatan
Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito. (Photo/Dok. Satgas COVID-19)
News

Jika Vaksin COVID-19 Telah Tersedia, Jubir: Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

Senin, 19 Oktober 2020 19:54 WIB 19 Oktober 2020, 19:54 WIB

INDOZONE.ID - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa meski nantinya vaksin telah tersedia, protokol kesehatan tetap harus dilakukan dengan disiplin.

"Tapi, tidak serta merta kalau kita dalam masa pandemi dan kita juga lagi belajar semua, seluruh dunia lagi belajar tentang penyakit ini, maka tidak serta merta dengan adanya vaksin terus kita tidak menjalankan protokol kesehatan," katanya, dilansir dari Antara, Senin (19/10/2020).

"Protokol kesehatan menjaga jarak menggunakan masker, mencuci tangan itu tetap harus dilakukan," tambah Wiku dalam gelar wicara secara virtual dari Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Kantor Graha BNPB Jakarta.

Wikut juga mengatakan bahwa tidak hanya dengan vaksinasi, untuk meningkatkan imun tubuh bisa juga dengan istirahat yang cukup, berolahraga yang cukup dan makan makanan yang bergizi seimbang.

"Dengan demikian, imunitas kita juga akan tinggi, jadi proteksinya 'double' (ganda), kita sendiri terlindungi dengan protokol kesehatan dan kalau nanti ada vaksin terlindungi lagi 'double', karena kita harus betul-betul secara kolektif semuanya terlindungi agar bisa beraktivitas secara sosial ekonomi," jelasnya.

Menurutnya, jika vaksin yang sedang dikembangkan menimbulkan imunitas yang baik sesuai dengan yang diharapkan, maka otomatis akan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang diberikan vaksin.

"Jadi jangan cuma melihat vaksin sebagai satu-satunya jalan keluar, pemerintah sudah lama mengajak masyarakat untuk memerangi COVID-19 ini dengan melakukan perubahan perilaku khususnya dalam menjalankan protokol kesehatan," ujar Wiku.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Kana
M. Rio Fani
Kana

Kana

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US