Pasca Baku Tembak di Papua, TNI Polri Amankan 2 KKB yang Sempat Tembak TGPF

- Selasa, 27 Oktober 2020 | 08:51 WIB
Ilustrasi borgol. (Unsplash/niu niu)
Ilustrasi borgol. (Unsplash/niu niu)

Pasca baku tembak yang terjadi antara Satgas Nemangkawi dengan 50 personel Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Sabinus Waker di Kabupaten Intan Jaya, Papua, TNI-Polri berhasil mengamankan dua personel KKB. Usut demi usut ternyata kedua KKB itu merupakan pelaku penembakan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) beberapa waktu yang lalu.

"Saat kontak tembak, 50 orang bersenjata melakukan perlawanan kepada Tim gabungan TNI-Polri sehingga diambil tindakan tegas terukur dan berhasil melumpuhkan dua tersangka atas nama Rubinus Tigau dan Hermanus Tipagau," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal saat dihubungi Indozone, Selasa (27/10/2020).

Usut demi usut ternyata kedua KKB itu merupakan pelaku penembakan TGPF yang tengah menyelidiki kasus penembakan pendeta di Intan Jaya beberapa waktu yang lalu. Satu dari dua KKB itu tewas pasca baku tembak dengan TNI-Polri.

"Dua orang anggota KKB tersebut terlibat dalam penembakan tim TGPF. Penembakan dipimpin oleh Sabinus Waker pada 9 Oktober 2020 lalu sehingga anggota TGPF dan dua anggota TNI-AD terluka," papar Kamal.

Untuk KKB bernama Hermanus Tipagau masih dalam keadaan sehat dan sudah diamankan TNI-Polri. TNI-Polri juga masih mendalami kasus KKB dari tersangka Hermanus.

Untuk diketahui KKB kembali melakukan aksi rangkaian teror di Kabupaten Intan Jaya kemarin. Kala itu, TGPF tengah kembali dari TKP penembakan pendeta di Intan Jaya namun rombongan TGPF diserang oleh KKB.

Baku tembak terjadi antara KKB dengan tim pengawal TGPF. Akibatnya satu anggota TGPF dan satu personel TNI mengalami luka akibat tembakan dari KKB.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X