Deretan Fakta Museum SBY yang Dikabarkan Mendapat Bantuan Rp9 Miliar

- Rabu, 17 Februari 2021 | 11:06 WIB
Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram/@sb.yudhoyono)
Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram/@sb.yudhoyono)

Pembangunan museum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Galeri Ani yang berada di Pacitan, Jawa Timur ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Hal ini menyusul kabar adanya kucuran dana Rp9 miliar dari APBD Kabupaten Pacitan.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai museum Susilo Bambang Yudhoyono dan Galeri Ani di Kabupaten Pacitan berikut Indozone rangkum fakta-faktanya:

1. Lokasi Museum

-
Salah satu sudut pesisir di Kabupaten Pacitan. (Istimewa)

Museum SBY berlokasi di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Ploso, Kabupaten Pacitan. Museum dan Galeri Seni SBY-ANI itu akan dibangun di atas lahan seluas 7.500 meter persegi dengan dua konstruksi bangunan utama yakni bangunan pertama merupakan Museum Kepresidenan SBY, sedangkan bangunan kedua adalah Galeri Seni Ani Yudhoyono.

2. Mirip dengan Capitol Hill

-
Capitol Hill. (REUTERS/Loren Elliott)

Museum SBY hingga kini masih dalam pembangunan. Jika bangunan sudah jadi maka bentuknya mirip Capitol Hill di Amerika Serikat.

3. Mendongkrak Perkenomian Masyarakat

-
Ilustrasi uang. (ANTARA)

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Kabupaten Pacitan diharapkan mampu mendongkrak pariwisata yang berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

4. Jadi Museum Pengenalan Sejarah

-
Ilustrasi museum. (freepik/rawpixel)

Selain menjadi objek wisata baru, nantinya Museum SBY bakal menjadi tempat edukasi pengenalan sejarah. Wasekjen DPP Demokrat Renanda Bachtar mengatakan museum itu akan menggambarkan perjalan sosok seorang Kepala Negara yang selama 10 tahun memimpin Indoneisa dan tentu akan menjadi wahana pengenalan sejarah.

"Pendirian Museum SBY dan Galeri Ani yang menggambarkan perjalanan utuh seorang SBY  memimpin negara selama 10 tahun tentu akan menjadi wahana pengenalan sejarah yang sangat berguna dan mengaspirasi siapapun nanti yang mengunjunginya," tutupnya.

5. Diperkirakan Rampung Awal Tahun 2022

-
Ilustrasi kalender. (freepik/lifeforstock)

Museum SBY diperkirakan bakal rampung pada awal tahun 2022. Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Politikus Partai Demokrat Andi Arief dalam akun twitternya pada Rabu (17/2/2021). Menurut Andi Arief hingga kini museum masih dalam tahap proses pembangunan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X