The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pertamina Rugi Rp11,3 Triliun, Netizen Tuding Itu Gara-gara Ahok
Ahok dituding sebagai penyebab kerugian Pertamina. (Instagram)
News

Pertamina Rugi Rp11,3 Triliun, Netizen Tuding Itu Gara-gara Ahok

Rabu, 26 Agustus 2020 13:53 WIB 26 Agustus 2020, 13:53 WIB

INDOZONE.ID - Pernyataan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pada awal Agustus lalu, yang menyatakan bahwa dirinya digaji untuk menyelamatkan uang Pertamina, belum terbukti.

"Kan saya ditaruh di sini untuk menyelamatkan uang Pertamina. Saya digaji untuk menyelamatkan uang Pertamina,” kata Ahok dalam kanal YouTube Pertamina pada 2 Agustus 2020.

Tak sampai sebulan sejak dia menyatakan itu, Pertamina dinyatakan mengalami kerugian sebesar 905.905 dolar AS atau setara Rp11,3 triliun pada tahun berjalan semester I 2020. Padahal pada periode yang sama tahun 2019, perusahaan plat merah itu mampu meraup untung 659,9 juta dolar AS. 

Corporate Communication PT Pertamina, Fajriyah Usman menyebut bahwa kerugian itu disebabkan oleh tiga faktor, yakni  pandemi COVID-19, penurunan harga minyak, dan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. 

“Pertamina terkena triple shock, dari sisi demand atau penurunan penjualan yang signifikan. Harga minyak mentah yang turun sehingga berdampak pada pendapatan di sektor hulu serta fluktuasi rupiah sehingga terjadi kerugian selisih kurs,” ungkap Fajriyah.

Tak ayal, sesumbarnya Ahok ini ramai dikritik di media sosial. Sejumlah netizen menggabungkan foto cuplikan layar berita-berita ketika dia mengatakan hal itu, dengan foto berita kerugian Pertamina saat ini.

"Maju terus HOK nilai 11.33Triliun dg kantongan presiden jokowi 11.000Triliun masih jauh kemana2. PenyelamatanMU pd PERTAMINA sungguh sangat SEMPURNA HOKK. klo belum mati org model kaya ginimah jgn dlu di kubur," tulis akun Twitter @kodimbardo1.

Di Twitter, tagar #Ahok dan #Pertamina pun ramai diperbincangkan. Tak sedikit netizen yang menuding bangkrutnya Pertamina disebabkan karena kehadiran Ahok di dalam perusahaan BUMN itu.

"Penista agama dan mantan napi d suruh pegang pertamina, ya jelas rugi lah. Benar kata hadis sohih, jika sesuatu tdk di pegang oleh ahlinya, maka tunggulah kehancurannya dan in terbukti Indonesia hancur lebur masuk ke resesi + bumn collaps," komentar sebuah akun.

"Before #Ahok came, #Pertamina was still able to generate profits. Ahok came in, Pertamina collapsed," tulis sebuah akun yang lain.

Ist
Komentar netizen soal kerugian Pertamina.

"Waktu urus jakartq gabener Urus rumah tangga berantakan ditinggal selingkuh urus BUMN yg Monopoli BBM Rugi.. hebat Koh Ahok," komentar yang lain.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Abul Muamar
Abul Muamar

Abul Muamar

Editor
JOIN US
JOIN US