Agar Aman, Dishub Edukasi Pesepeda dengan Buku Panduan

- Jumat, 7 Agustus 2020 | 12:15 WIB
Warga mengenakan masker dan face shield saat bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)
Warga mengenakan masker dan face shield saat bersepeda di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (14/6/2020). (INDOZONE/Arya Manggala)

Ramainya pesepeda di berbagai ruas jalan di Jakarta membuat Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan buku panduan berkendara sepeda aman yang akan dibagikan kepada berbagai komunitas sepeda dan masyarakat agar dapat berkendara dengan aman bagi diri dan pengguna jalan lain.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan buku panduan bagi para pesepeda itu, terkait dengan disiplin bersepeda yang menjadi salah satu bagian sosialisasi kepada masyarakat agar mereka aman dalam berkendara.

"Hari ini momentum peluncuran buku panduan pesepeda, ini menjadi ajang edukasi dan juga sosialisasi bagi pengguna sepeda di Jakarta dan umumnya di Indonesia untuk tertib lalu lintas," kata Syafrin di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

Buku panduan pesepeda ini, akan dibagikan secara langsung dan melalui komunitas bekerjasama dengan para penjual sepeda agar bisa diselipkan pada produk sepeda yang dibeli oleh masyarakat, sehingga dapat teredukasi dengan baik.

"Pembagiannya ada dua pola. Akan dibagikan kepada pesepeda dan komunitas yang akan bekerja sama dengan produsen sepeda dimana, di setiap sepeda akan disertai dengan buku panduan ini, sehingga mereka akan terinformasikan langsung pada saat transaksi pembelian sepeda," tuturnya.

Selanjutnya terkait dengan disiplin bersepeda ada instrumen yang kurang dipahami oleh pesepeda, saat ini terus disosialisasikan. Misalnya pada saat, pesepeda mau berbelok kanan maka dia harus memberi isyarat agar pengguna jalan mengetahuinya.

Mereka juga diminta agar tetap menjalankan protokol kesehatan dan melengkapi diri dengan perlengkapan keamanan bersepeda sehingga mereka tetap aman saat melakukan aktivitas bersepeda dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

"Jadi prinsip bersepeda menggunakan helm, menggunakan masker. Itu penting. Dan kemudian saat malam hari tentu ada fasilitas keselamatan yang juga harus digunakan ada rompi dengan light vektornya, demikian pula halnya lampu di depan dan belakang yang menunjukkan itu pesepeda," tuturnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X