Pria Tiongkok Dituduh Membunuh dan Dipenjara Selama 27 Tahun, Ternyata Tak Bersalah

- Kamis, 6 Agustus 2020 | 23:54 WIB
Seorang pria yang dipenjara selama 27 tahun meski tak bersalah. (photo/Teller Report/Twitter/ZhangZhulin)
Seorang pria yang dipenjara selama 27 tahun meski tak bersalah. (photo/Teller Report/Twitter/ZhangZhulin)

Seorang pria Tiongkok telah dipenjara selama 27 tahun atas tuduhan pembunuhan. Namun, pengadilan akhirnya membebaskan pria itu setelah diketahui dirinya benar-benar tidak bersalah.

Pria yang bernama Zhang Yuhuan (52) itu telah menghabiskan waktu 27 tahun di balik penjara atas tuduhan yang tidak pernah dilakukannya. Apa yang dialaminya menyoroti tentang buruknya sistem peradilan saat itu.

Zhang dipenjara karena dituduh telah membunuh dua anak laki-laki pada tahun 1993. Tapi ia selalu mengatakan dirinya disiksa oleh polisi dan dipaksa mengaku apa yang tidak pernah dia lakukan.

-
Zhang Yuhuan (52). (Photo/Twitter/ZhangZhulin)

Pengadilan di Tiongkok timur lalu membebaskan Zhang pada hari Selasa (4/8/2020) dengan alasan tidak cukup bukti untuk mendukung vonis bersalahnya.

"Setelah kami meninjau materi, kami menemukan tidak ada bukti langsung yang dapat membuktikan keyakinan (bahwa) Zhang (bersalah)," kata Pengadilan Tinggi Jiangxi di sebuah pernyataan.

"Jadi kami...telah menyatakan Zhang tidak bersalah," lanjut pengadilan itu seperti menyadur dari AFP, Kamis (6/8/2020).

Sementara itu, Zhang merupakan narapidana terlama yang di penjara Tiongkok, yang dihukum secara keliru. Awalnya, ia bahkan dijatuhi hukuman mati di tahun 1995. Namun, diubah menjadi penjara seumur hidup setelah dia menjalani dua tahun penjara.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X