Jokowi Coret Proyek Pesawat R80 Habibie, Lebih Pilih Drone

- Sabtu, 30 Mei 2020 | 21:10 WIB
Habibie dan Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)
Habibie dan Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Ada 89 proyek yang masuk ke dalam Program Strategis Nasional (PSN) Indonesia di tahun 2020 hingga 2024. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berharap sejumlah proyek tersebut bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Namun, salah satu usulan proyek yang dicoret adalah pengembangan pesawat R80 dan N245. Proyek ini dulunya digadang untuk mengadakan pesawat dalam negeri.

Proyek R80 dikerjakan oleh PT Regio Aviasi Industri, perusahaan milik BJ Habibie dan putranya, Ilham Akbar Habibie.

Sementara itu, proyek N245 dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

"Dari 245 proyek baru yang memenuhi kriteria sebanyak 89 proyek. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan karena itu masih membutuhkan dukungan kementerian teknis dan perlu kelengkapan dan perlu memenuhi kriteria yang ditetapkan sebagai PSN di mana presiden harapkan ada dampak kepada masyarakat, terhadap pertumbuhan ekonomi dan terkait dengan pengembangan sosial ekonomi," kata Airlangga dalam konferensi persnya, Jumat (29/5/2020).

Proyek pesawat R80 dan N245 dihapus karena pemerintah ingin mengembangkan drone.

"Kemudian terkait dengan 3 proyek drone. Di mana 3 proyek terkait pengembangan drone itu sebagai pengganti proyek yang dikeluarkan antara lain R80 dan N245," jelasnya.

Menurut Airlangga, pengembangan drone lebih sesuai dengan kondisi saat ini, dibandingkan membuat pesawat dalam negeri.

"Sehingga dialihkan menjadi teknologi drone yang dianggap lebih cocok dengan situasi saat sekarang dan pengembangannya sudah dimulai oleh PTDI," paparnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta para menteri meninjau 245 usulan PSN dan dipilih yang benar-benar bermanfaat untuk jangka panjang.

"Terkait dengan usulan 245 PSN (Program Strategis Nasional baru saya minta untuk betul-betul dilihat di lapangan, dihitung dikalkulasi secara rinci mana yang direkomendasi dan mana yang tidak direkomendasi," kata Jokowi dalam sambutannya di ratas Evaluasi Proyek Strategis Nasional Untuk Pemulihan Ekonomi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X