Viral Lab Tak Terima Sample Corona karena Lebaran, Yurianto: Tak Ada Hari Libur!

- Minggu, 17 Mei 2020 | 12:24 WIB
Petugas Dinas Kesehatan Bekasi Kota mendata warga yang akan melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) di Check Point Sumber Artha, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)
Petugas Dinas Kesehatan Bekasi Kota mendata warga yang akan melakukan tes PCR (Polymerase Chain Reaction) di Check Point Sumber Artha, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020). (INDOZONE/Febio Hernanto)

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menegaskan, tidak ada hari libur dalam menangani masalah virus corona, terutama bagi laboratorium Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta milik Kementerian Kesehatan.

Kabar libur yang dilakukan oleh laboratorium tersebut berawal ketika surat tersebut viral di media sosial. Di dalamnya, tertulis kalau penerimaan sample Covid-19 akan diliburkan dari tanggal 20 hingga 26 Mei dalam rangka Hari Raya Idul Fitri.

"Saya cek kebenaran surat ini. Instruksi saya jelas tidak ada hari libur dalam penanganan Covid-19," ucap Yurianto saat dikonfirmasi, Minggu (17/5/2020).

Pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun langsung mengklarifikasi, dan membatalkan agenda libur seperti yang tertulis dalam surat sebelumnya.

Pada surat klarifikasi tersebut diungkapkan bahwa pemeriksaan sampel Covid-19 akan dilakukan dalam 24 jam sehari, dan juga 7 hari dalam seminggu. Begini isi dari surat itu yang dikutip Indozone melalui akun resmi twitter Kemenkes, @KemenkesRI.

"Merujuk surat kami No. UM.01.05/I.1/3692/2020 tanggal 15 Mei 2020, Perihal: Surat Pemberitahuan Penerimaan Sampel, dengan ini kami beritahukan bahwa mengingat masih berlanjutnya Pandemi COVID-19 dan pentingnya pemeriksaan sampel COVID-19, maka BBTKLPP Jakarta tetap melakukan pelayanan sebagaimana biasanya, yaitu penerimaan sampel 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Demikianlah agar para Pelanggan maklum dan terima kasih atas kepercayaannya pada pelayanan BBTKLPP Jakarta," begitu bunyi surat itu.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X