Harlah NU, Mahfud MD: Indonesia Bersyukur Punya Ormas Seperti NU

- Minggu, 31 Januari 2021 | 11:55 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Menko Polhukam Mahfud MD. (photo/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Menko Polhukam Mahfud MD turut memberi ucapan selamat hari ulang tahun (harlah) NU yang ke-95. Mahfud MD menyatakan, Indonesia sangat bersyukur memiliki ormas seperti NU.

Ucapan itu disampaikan Mahfud MD melalui akun Instagram-nya, Minggu (31/1/2021) pagi.

"Selamat hari jadi Nahdlatul Ulama (NU) yang ke 95," tulis Mahfud.

Kemudian ia menjelaskan mengapa Indonesia harus bersyukur memiliki ormas seperti NU. Menurutnya, NU merupakan organisasi Islam yang menyebarkan agama secara ramah dan damai. 

Selain itu, NU berperan dalam menyatukan prinsip Islam dan negara. Mahfud MD juga menilai NU berperan penting dalam perjungan bangsa Indonesia hingga mencapai kemerdekaan.

"Bangsa Indonesia patut bersyukur mempunyai NU, ormas Islam yang menyebarkan Islam yang ramah, mempertemukan prinsip keislaman dan paham kebangsaan, menyemai dan membangun nasionalisme yang kemudian ikut mengantarkan Indonesia merdeka," tuturnya. 

Lebih lanjut, Mahfud menyinggung ihwal slogan yang sangat erat hubungannya dengan NU, yakni Hubbul Wathon Minnal Imna atau cinta tanah air adalah bagian dari iman.

Menurutnya, meski ihwal slogan itu bukan dari Alquran ataupun hadist, namun slogan itu dinilai sangat kaya akan nilai Islam dan Indonesia. 

"Ungkapan "Hubbul wathon minal iman" (cinta tanah air adalah bagian dari iman) bukan ayat Qur'an atau pun Hadits Nabi. Tapi ia merupakan ungkapan dalil yang secara fiqhiyah diciptakan oleh NU melalui istinbath (penggalian) terhadap nilai-nilai Qur'an dan Hadits, sehingga sangat Islami dan Indonesiawi," ujarnya. 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mahfud MD (@mohmahfudmd)

 

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X