Spekulasi Menghilangnya Pendiri Alibaba Jack Ma Terungkap

- Rabu, 6 Januari 2021 | 14:01 WIB
Pendiri Ali Baba Jack Ma. (REUTERS/Aly Song).
Pendiri Ali Baba Jack Ma. (REUTERS/Aly Song).

Pendiri Grup Alibaba, Jack Ma, tidak tampil di depan umum sejak dua bulan terakhir. Khususnya setelah dia mengkritik pemerintah Tiongkok dalam pidatonya.

Dikutip dari Reuters, Rabu (6/2/2021), Jack Ma mengkritik sistem regulator Tiongkok saat berbicara di sebuah forum di Shanghai, pada Oktober tahun lalu.

Seharusnya Ma tampil dalam acara 'Africa's Business Heroes' pada November lalu. Jack Ma menjadi salah seorang juri dalam acara tersebut.

Juru bicara Alibaba menyatakan sang miliuner tidak bisa hadir pada acara tersebut karena masalah jadwal yang berbarengan dengan kegiatan lain.

Regulator Tiongkok sejak Oktober lalu mengkritisi bisnis miliki Jack Ma, termasuk diantaranya mengadakan penyelidikan antimonopoli terhadap Alibaba.

Baca Juga: Panik Kepergok Warga, Maling Ini Malah Lari Tinggalkan Motornya

Ketua BDA Tiongkok, perusahaan konsultan teknologi, Duncan Clark, berpendapat Jack Ma kemungkinan mengikuti saran untuk tidak tampil di depan umum terlebih dulu.

"Ini situasi yang cukup unik, berkaitan dengan Ant dan hal-hal sensitif seputar regulasi keuangan," kata Clark.

Absennya Jack Ma di depan publik sempat menjadi pembicaraan utama di media sosial saat ini.

Sementara itu, salah satu jurnalis CNBC, David Faber melaporkan pada hari Selasa bila miliarder tersebut kemungkinan tidak hilang berdasarkan keterangan narasumber yang tak mau menyebutkan namanya.  

Menurut Faber kemungkinan saat ini Jack Ma berada di Hangzhou, kota tempat kantor pusat Alibaba Group. Jack juga tidak ditangkap oleh pemerintah Tiongkok, namun ia memang sengaja menghindari sorotan publik.

"Dia tidak tampil di publik dengan tujuan tertentu dan diperkirakan akan seperti itu hingga beberapa waktu ke depan," ujar David Faber.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X