Soal Banjir di Jakarta, Anies: Mayoritas Terkendali dengan Baik

- Selasa, 9 Februari 2021 | 17:14 WIB
Warga menaiki perahu karet saat melintasi banjir di Jalan Kayu Putih Raya, Jakarta, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE)
Warga menaiki perahu karet saat melintasi banjir di Jalan Kayu Putih Raya, Jakarta, Selasa (25/2/2020). (INDOZONE)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim bahwa banjir yang terjadi di sejumlah titik wilayah Ibukota sejak Minggu (7/2/2021) dapat dikendalikan oleh pihaknya dengan baik.

"Alhamdulillah dalam musim penghujan dan beberapa waktu ini mayoritas terkendali dengan baik," ucap Anies kepada awak media, Selasa (9/2/2021).

Anies menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan berupaya untuk menangani banjir dengan memastikan genangan akan surut selama kurang lebih enam jam dan tak ada korban jiwa.

"Bila terjadi hujan lebat, maka harus dipastikan jika muncul genangan, enam jam sesudah Hujan berhenti genangan itu ditargetkan harus sudah bisa kering. Yang kedua tidak boleh ada korban jiwa," terangnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebutkan kalau hingga saat ini masih terdapat 116 RT yang terdampak banjir dari total 30.470 RT di DKI Jakarta.

"Lalu dari 30.470 RT saat ini ada 116 RT yang di situ ada genangannya yaitu 0,38%. Jadi ada sekitar total 116 RT dari 30.470 RT di Jakarta," tandas Anies.

Seperti diketahui sebelumnya, Anies menargetkan bila curah hujan di atas 100 milimeter, maka penanganan banjir hingga surut harus bisa diselesaikan selama enam jam pasca kejadian.

"Jadi ketika kita mendengar ada genangan di beberapa wilayah seperti Pejaten dan Kampung Melayu, hampir semuanya dalam waktu kurang dari enam jam terkondisikan dengan baik," terangnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X