Orang Tanpa Gejala Jadi Ancaman Serius Penyebaran Corona
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto. (Photo/ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
News

Orang Tanpa Gejala Jadi Ancaman Serius Penyebaran Corona

Sabtu, 04 April 2020 17:57 WIB 04 April 2020, 17:57 WIB

INDOZONE.ID - Terkait virus corona, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa orang tanpa gejala (OTG) berpotensi tinggi menularkan virus corona kepada orang lain.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4/2020).

"Kita saat ini masih tetap mewaspadai adanya penularan yang terjadi di lingkungan masyarakat yang disebabkan masih adanya kasus positif tanpa keluhan yang berada di tengah-tengah kita. Kita kenal dengan terminologi OTG, ini menjadi potensi tinggi penularan," katanya.

Yuri juga menerangkan bahwa OTG menjadi penyebab angka penularan tinggi hingga hari ini. Dari penjelasannya OTG adalah orang yang tak mengidap gejala Covid-19, namun telah positif.

"Ini (OTG) menjadi potensi tinggi penularan. Di satu sisi orang tersebut tidak mengalami keluhan, di sisi yang lain banyak masyarakat yang masih belum melaksanakan ketentuan menjaga jarak. Dari hari ke hari inilah yang jadi kekhawatiran kita penularan masih terus terjadi, terus berjalan," jelasnya.

Hingga kini jumlah kasus positif Corona di Indonesia mencapai 2.092 orang dengan 191 kematian dan 150 pasien yang dinyatakan sembuh. Di samping itu, ada 1.751 pasien positif Corona yang sedang menjalani perawatan.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Hal itu menjadi salah satu langkah untuk memutus rantai penularan.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Zega
M. Rio Fani
Zega

Zega

Editor
M. Rio Fani

M. Rio Fani

Writer
JOIN US