Jelang PSBB, Mensos Pastikan 1,8 Juta Warga Jabodetabek Dapat Bantuan
Warga antre untuk mendapatkan bantuan sembako di Kelurahan Pojok, Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020). (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)
News

Jelang PSBB, Mensos Pastikan 1,8 Juta Warga Jabodetabek Dapat Bantuan

Paling lambat akhir April.

Kamis, 09 April 2020 15:57 WIB 09 April 2020, 15:57 WIB

INDOZONE.ID - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan di DKI Jakarta mulai Jumat (10/4/2020). Sejumlah persiapan pun dilakukan pemerintah termasuk rencana pemberian bantuan pangan komoditas yang akan diberikan kepada warga miskin, tidak hanya di DKI melainkan juga Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. 

Menteri Sosial, Juliari Batubara, membenarkan Kemensos, Kemenkeu dan Pemda telah mematangkan kembali data calon penerima bantuan pangan komoditas, sebagai salah satu social savety net untuk warga miskin Jabodetabek dalam menghadapi PSBB

"Data calon penerima bantuan sudah ada. Untuk penerima manfaat di DKI Jakarta sekitar 1,2 juta Kepala Keluarga (KK), sedangkan Bodetabek (Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) sekitar 600.000 KK," ujar Juliari saat dihubungi Indozone, Kamis (9/4/2020). 

Menurut Juliari, pemberian paket bantuan pangan komoditi tersebut akan dilakukan bertahap di sejumlah titik. Adapun bantuan sosial tersebut ditargetkan selesai dibagikan pekan depan. 

"Paling lambat tanggal 20 April 2020. Akan tetapi, sejak kemarin Kemensos sudah turunkan paket sembako juga di DKI setiap hari, berkisar antara 25.000-30.000 paket," jelasnya. 

Sebelumnya, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengatakan, pemerintah akan mendukung kebijakan PSBB melalui paket bantuan pangan berbentuk komoditi, yang akan diberikan kepada warga miskin di Jabodetabek.

Menurut Askolani, bantuan pangan tersebut sifatnya tambahan dari bantuan Paket Keluarga Harapan (PKH), maupun stimulus lainnya seperti program kartu prakerja. 

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Fiddy Anggriawan
Ivanrida
Sigit Nugroho
JOIN US