Untuk Pertama Kalinya, Vietnam Catatkan Nol Kasus Baru Corona

- Minggu, 5 April 2020 | 19:28 WIB
Pasien terinfeksi corona berterima kasih kepada petugas medis di Hanoi (REUTERS/Kham)
Pasien terinfeksi corona berterima kasih kepada petugas medis di Hanoi (REUTERS/Kham)

Kabar baik datang dari Vietnam terkait perkembangan virus corona. Pertama kali sejak 6 Maret 2020, negara tersebut melaporkan nol kasus baru, per Sabtu (5/4/2020).

Dengan demikian, total kasus positif corona di Vietnam tetap berada di angka 240, seperti dilansir dari VN Express.

Kasus virus corona di Vietnam bermula pada 6 Maret saat seorang warganya yang bernama Nguyen Hong Nhung, positif virus corona Covid-19 usai pulang dari Eropa.

Sejak itu, Vietnam terus mencatat kasus baru hingga mencapai angka 240. Namun, tidak ada kasus kematian akibat virus tersebut di Vietnam. Hal serupa juga terjadi di Laos (10 kasus positif corona) dan Kamboja (114 kasus positif corona).

Lalu, kenapa Vietnam berhasil menekan laju penyebaran virus corona di negaranya? Hal ini tidak terlepas dari kesigapan pemerintahnya.

Vietnam langsung menerapkan jarak fisik untuk mencegah virus corona semakin menyebar. Kemudian, pemerintah juga menangguhkan semua penerbangan internasional dan transportasi darat hingga 15 April 2020.

Petugas kesehatan juga telah memiliki protokol penilaian infeksi dan tingkat keparahan pasien yang terinfeksi corona. Jutaan siswa di Vietnam juga diliburkan sejak awal Imlek.

Langkah terakhir adalah, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc secara tegas melarang impor hewan liar ke Vietnam untuk sementara.

Artikel Menarik Lainnya:

  1. Makin Betah di Rumah, HBO Gratiskan Film dan Serial untuk Pengguna
  2. Yuk Cintai Tubuh Kamu Sendiri dengan 3 Cara Ini
  3. Dimakan Burung hingga Dibuat Manik-manik, Ini Ritual Pemakaman Tak Biasa di Dunia

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X