MPR Minta Jokowi Tunda Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

- Senin, 26 Agustus 2019 | 11:41 WIB
Presiden Joko Widodo/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay.
Presiden Joko Widodo/ANTARA/Akbar Nugroho Gumay.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Zulkifli Hasan, meminta Presiden Joko Widodo menunda mengumumkan lokasi ibu kota baru. Jokowi rencananya bakal menginfokan hal itu ke publik, Senin (26/8/2019) siang WIB. 

Zulkifli menilai persoalan yang terjadi di Papua lebih penting saat ini. Kasus itu diharapkan mendapat perhatian lebih oleh pemerintah dan seluruh aparatur negera. 

"Coba lihat video-video itu (Papua), itu perlu penanganan serius. Tidak hanya Bapak Presiden, seluruhnya, yah bupatinya, DPR-nya, aparat penegak hukumnya," kata Zulkifli di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Sejumlah elemen masyarakat telah melakukan aksi unjuk rasa di berbagai wilayah Papua. Mereka geram dengan isu rasisme yang dialami warga keturunan Pulau Cendrawasih di Surabaya dan Malang, 16 Agustus lalu. 

Jokowi diharapkan segera menuntaskan agar kestabilan dan kerukunan bangsa tetap terjaga. Terkait pengumuman lokasi ibu kota baru bisa diumumkan pada lain kesempatan. 

"Jadi fokus dulu ke situ (Papua). Kan kalau setelah dilantik nanti, masih bisa kalau soal ibu kota baru," ujar Zulkifli.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X