Begini Upaya Jasa Pengiriman Barang Hindarkan Pelanggan dari Virus Corona

- Kamis, 19 Maret 2020 | 19:29 WIB
Ilustrasi pengiriman barang. (Unsplash/@rosebox)
Ilustrasi pengiriman barang. (Unsplash/@rosebox)

Penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terjadi dan pemerintah telah mengimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah, khususnya tempat keramaian. Dalam menghadapi situasi tersebut, jasa pengiriman logistik JNE pun melakukan berbagai persiapan untuk mencegah penyebaran virus corona sekaligus mempertahankan kualitas pelayanan.

Langkah pencegahan dimulai dengan peningkatan peralatan kesehatan dan kebersihan, khususnya untuk para karyawan frontliner yang bertemu langsung dengan pelanggan maupun tim yang menangani paket selama dalam proses pengiriman. Para karyawan tersebut, seperti kurir, petugas sales counter, resepsionis, tim keamanan, dan yang lainnya dalam bidang operasional.

Berbagai peralatan dan fasilitas ditambah serta disediakan di kantor pusat, kantor cabang, dan gedung operasional JNE, seperti alat cek suhu tubuh, masker, sarung tangan, cairan pencuci tangan steril, serta tempat mencuci tangan dengan air mengalir. Pelanggan yang datang pun akan diarahkan untuk mencuci tangan terlebih dulu sebelum melakukan transaksi pengiriman paket.

-
Ilustrasi mencuci tangan dengan air mengalir (freepik)

JNE juga membentuk gugus tugas khusus untuk pengawasan di kantor pusat dan seluruh kantor cabang dan melakukan sterilisasi seluruh area kerja menggunakan cairan disinfektan. Penyemprotan cairan tersebut dilakukan di area-area di mana sering digunakan oleh karyawan mau pun pelanggan, seperti mushalla, ruang tunggu, toilet, dan yang lainnya.

“Langkah pencegahan penyebaran virus corona dijalankan dengan dimulai dari diri sendiri, yaitu internal perusahaan. Diawali dengan peningkatan kebersihan untuk menjaga kesehatan para ksatria dan srikandi JNE yang terus mengemban amanah pengiriman semua paket pelanggan di tengah situasi saat ini," ujar Presiden Direktur JNE, M Feriadi saat dikonfirmasi Indozone, Kamis (19/3/2020).

Feriadi menambahkan bahwa proses pengiriman JNE hingga saat ini masih berjalan normal dan tidak ada perubahan yang berarti.

“Hal itu karena, selain pelanggan retail yang diimbau pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, JNE pun harus selalu siap memenuhi kebutuhan banyak pelanggan perusahaan, termasuk perusahaan di bidang kesehatan dengan jenis paket berupa alat kesehatan maupun obat-obatan yang dibutuhkan masyarakat”, jelasnya.

Walaupun belum ditemukan penularan virus corona lewat barang, seperti yang dijelaskan oleh berbagai pihak, yaitu Kominfo, LIPI, WHO, dan yang lainnya, namun upaya pencegahan juga dapat dilakukan oleh tiap penerima paket.

"Agar upaya pencegahan infeksi virus corona makin maksimal, maka JNE mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk membersihkan atau mencuci isi paket sebelum digunakan," tutur Feriadi.

-
Box utuk paket (freepik)

Selain peningkatan fasilitas di bidang kesehatan, JNE pun terus menjaga kualitas sektor IT perusahaan agar dapat terus bekerja optimal. Feriadi juga menyampaikan bahwa JNE akan mematuhi pemerintah terkait himbauan Work From Home.

“Ada sektor-sektor dalam perusahaan yang memungkinkan karyawan untuk bekerja di rumah. Untuk itu performa IT harus terus terjaga," ungkapnya.

Feriadi menjelaskan bahwa hal ini agar penyediaan seluruh data yang dibutuhkan secara real time terus berjalan dengan maksimal dalam situasi saat ini.

"Bukan hanya untuk internal, pertukaran data dari JNE dengan platform milik semua mitra secara cepat dan akurat harus terus terjaga agar konetivitas antara seller dengan buyer, e-commerce platform, teknologi keuangan, serta yang lainnya, tetap lancar," pungkasnya.


Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X