Karhutla di Gunung Sunda Sukabumi Mencapai 10 Hektare

- Rabu, 4 September 2019 | 22:22 WIB
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat kebakaran hutan & lahan Gunung Sunda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terjadi pada Rabu, (4/9) mencapai 10 hektare.

"Karhutla yang terjadi di Kampung Ciroyom, RT 29, RW07, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat saat ini dalam penanggulangan tim dan personel kami masih di lokasi untuk pemadaman sekaligus pendataan," kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, api yang membakar lahan dan hutan di kawasan tersebut masih menyala di sejumlah titik.

Tim pemadam dari Damkar Cisaat, Pramuka, relawan BPBD dan sejumlah relawan masih berupaya melakukan pemadaman api hingga pukul 18.00 WIB supaya tak semakin meluas.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab utama karhutla tersebut. Namun dugaan sementara mengatakan kebakaran disebabkan oleh puntung rokok yang baranya masih menyala.

Ditambah lagi bahwa saat ini hutan dan lahan di Gunung Sunda kering akibat kemarau sehingga api dengan cepat menyala dan menjalar.

Untuk perkembangan informasi selanjutnya akan dilakukan update secara berkala apabila terdapat laporan tambahan dan petugas pun masih di lokasi untuk memantau kondisi api khawatir terus membesar.

"Kondisi lahan yang kering ditambah banyak ranting pohon yang mati, sekecil apapun pemicunya bisa mempercepat terjadi kebakaran. Maka dari itu, pihaknya terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang bisa memicu karhutla seperti membakar barang bekas, rumput kering atau membuang puntung rokok yang masih menyala," tambahnya.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X