Kamu Harus Tau Kesalahan Makan Es Krim Bisa Sebabkan Keracunan

- Jumat, 6 September 2019 | 15:57 WIB
ilustrasi/pexels
ilustrasi/pexels

Es krim menjadi salah satu kudapan favorit semua orang. Selain dapat menghilangkan dahaga, es krim yang terdiri dari berbagai varian rasa dan topping serta teksturnya yang lembut dan manis membuat banyak orang semakin menyukai es krim.

Tapi kamu harus tau nih, es krim juga bisa menyebabkan keracunan makanan apabila dikonsumsi dengan cara yang salah. Seorang dosen ilmu Biomedis dari Aston University, Amreen Bashir mengatakan bahwa terlalu banyak mengonsumsi es krim bisa meningkatkan risiko diabetes dan obesitas karena kadar gula yang tinggi.

1. Membekukan es krim yang mencair

-
ilustrasi/pexels

 

Amreen menjelaskan bahwa kesalahan umum menikmati es krim yang bisa menyebabkan keracunan ialah membekukan kembali es krim yang sudah mencair.

"Es krim mencair dengan cukup cepat pada suhu kamar. Di sisi lain, cairan manis adalah tempat yang paling disenangi oleh bakteri, salah satunya Listeria. Ketika es krim yang sudah mencair dibekukan kembali, pertumbuhan bakteri bisa dua kali lebih banyak" jelas Amreen.

2. Makan es krim dengan sendok

-
ilustrasi/pexels

 

Memakan es krim menggunakan sendok mungkin sering dilakukan oleh orang-orang. Tapi taukah kamu, sendok es krim yang biasanya dijual di supermarket atau kedai sudah terpapar bakteri yang apabila masuk ke tubuh bisa menyebabkan infeksi.

3. Membuat es krim sendiri di rumah

-
ilustrasi/pexels

 

Banyaknya tutorial di internet tentang cara membuat es krim di rumah  menggunakan telur mentah, juga bisa menjadi salah satu kesalahan dalam menikmati es krim. Penggunaan telur mentah untuk membuat es krim dapat menyebabkan keracunan bakteri Salmonella yang menginfeksi saluran pencernaan.

"Es krim yang diproduksi secara komersial sering dibuat menggunakan telur yang dipasteurisasi. Oleh karenanya, apabila ingin membuat es krim sendiri, gunakanlah susu dan krim yang sudah dipasteurisasi. Hindari penggunaan telur mentah agar es krim tetap aman dimakan. Di sisi lain es krim tetap nikmat untuk dimakan" ujar Amreen.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X