40 Masjid Masih Salat Tarawih Berjamaah saat PSBB Jakarta, Ini Penjelasan Pemprov DKI

- Rabu, 29 April 2020 | 08:48 WIB
Ilustrasi warga melaksanakan salat tarawih berjamaah di tengah pandemi virus corona (Covid-19). (ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas)
Ilustrasi warga melaksanakan salat tarawih berjamaah di tengah pandemi virus corona (Covid-19). (ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sebanyak 40 masjid yang tersebar di wilayah Provinsi DKI Jakarta masih melaksanakan ibadah salat tarawih secara berjamaah selama Ramadan 2020. Terlebih saat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung. 

"Ada 3.200 masjid yang terdata di seluruh Jakarta. Kemarin itu saat hari Jumat masih ada beberapa masjid yang melaksanakan Salat Jumat. Kalau yang untuk tarawih artinya sedikit lah. Dari 3.200 mungkin sekitar 40 yang masih melaksanakan salat tarawih," kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta, Hendra Hidayat di Jakarta, Selasa (28/4/2020). 

Hendra menuturkan, pihaknya harus sangat hati-hati ketika memberi imbauan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) ke-40 masjid yang masih laksanakan salat tarawih. Sebab, ini menyangkut persoalan agama yang dinilai amat sensitif dan dikhawatirkan akan menimbulkan konflik sosial. 

"Agama ini kan memang sangat sensitif. Bicara soal ibadah ini memang kita harus hati-hati. Di satu sisi Fatwa MUI sudah mengingatkan semuanya untuk tetap dalam situasi dan kondisi saat ini beribadah di rumah," ungkapnya. 

-
Ilustrasi salat berjamaah. (ANTARA/Syifa Yulinnas)

Dia juga meminta, masyarakat mematuhi arahan dan anjuran pemerintah soal PSBB yang bertujuan agar penyebaran virus corona (Covid-19) bisa diminimalisasi. 

"Aturan ini dibuat Pemprov tidak semata-mata masukan dari internal Pemprov saja, Pak Gubernur juga sudah menerima masukan dari semua pihak. Dari Kepolisian, Kodam Jaya, Kejaksaan Tinggi dan lainnya," tutur dia.

Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, wilayahnya belum usai dari pandemi virus corona (Covid-19) hingga saat ini. 

Karena itu, ia meminta kepada seluruh pihak jangan sampai ada anggapan bahwa masa-masa krusial ini telah usai.

"Saya ingin sampaikan kepada semua, jangan menganggap ini kita sudah merdeka dari Covid-19, perjuangannya masih terus, kita belum merdeka dari Covid-19," kata Anies.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Kebakaran Toko di Mampang Semalam, 7 Orang Tewas

Jumat, 19 April 2024 | 14:25 WIB
X