Selama Terinfeksi Corona, Menhub Budi Karya Intensif Komunikasi dengan 2 Menteri Ini

- Senin, 27 April 2020 | 19:24 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya. (HO-BKIP Kemenhub)
Menteri Perhubungan, Budi Karya. (HO-BKIP Kemenhub)

Hasil tes swab realtime PCR Covid-19 Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sudah dua kali dinyatakan negatif. Artinya Menhub Budi sudah sembuh pasca terinfeksi virus corona (Covid-19). Kendati demikian, ia belum aktif bekerja sebagai sedia kala.

Tadi pagi Menhub Budi memang sudah mengikuti rapat terbatas kabinet dengan Presiden Joko Widodo. Namun dirinya hanya hadir sebagai peserta.

“Tanggal 5 Mei, Insya Allah efektif bekerja karena memang kepadatan, keharusan mengikuti petunjuk dokter,” ujar Menhub Budi dalam konferensi pers virtual, Senin (27/4/2020).

Di sisi lain Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Brigjen TNI dr. A. Budi Sulistya, Sp.THT-KL, MARS, menyatakan ada standar yang harus diikuti oleh pasien positif Covid-19 setelah dinyatakan negatif alias sembuh apabila ingin beraktivitas kembali.

“Sebaiknya pasien tetap istirahat atau isolasi mandiri paling tidak dua minggu. Ini sudah diimplementasikan Pak Budi, dua minggu lalu hasil PCR Covid-19 negatif. Sebaiknya tetap aktivitas sesuai kondisi klinis pasien, sudah bisa bekerja, work from home dan aktivitas lain sesuai kapasitas,” kata dr Budi dalam kesempatan yang sama.

-
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menhub Budi Karya Sumadi. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Sementara itu, walaupun belum aktif bekerja kembali, Menhub Budi tetap berkomunikasi dengan para jajarannya di Kementerian Perhubungan. Ia mengatakan sudah mengadakan rapat dengan berbagai sektor seminggu terakhir sebanyak tujuh kali.

Tentunya rapat itu dilakukan untuk mendapatkan informasi terbaru selama Menhub Budi berada dalam masa perawatan dan proses penyembuhan Covid-19.

Tak hanya itu, Menhub Budi juga berkomunikasi dengan para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Ada dua menteri yang dikatakan intensif berkomunikasi dengannya.

Pertama ada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi. Kedua, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang selama dirinya sakit menjadi Menteri Perhubungan Ad Interim.

“Saya dengan menteri lain sudah komunikasi. Tiap hari komunikasi dengan Bu Retno Marsudi, paling intensif. Cuma ngomong selamat pagi, kirim gudeg, ngomong penerbangan. Lalu komunikasi juga sama Pak Luhut, lalu sama Pak Basuki (Menteri PUPR), kalau teman main Edhy Prabowo” tandas Menhub Budi.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X