Nadiem: Pendidikan Bukan Sesuatu yang Dilakukan di Sekolah Saja

- Sabtu, 2 Mei 2020 | 12:56 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Mendikbud)
Mendikbud Nadiem Makarim. (Dok. Mendikbud)

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, pandemi COVID-19 telah membuat para guru, siswa dan orang tua menyadari bahwa pendidikan bukan sesuatu yang bisa dilakukan di sekolah saja.

"Tetapi pendidikan yang efektif itu membutuhkan kolaborasi yang efektif dari guru, siswa dan orang tua. Tanpa kolaborasi itu, pendidikan yang efektif tidak mungkin terjadi," kata Nadiem, Sabtu (2/4/2020).

Menurut Nadiem, karena pandemi COVID-19, para insan pendidikan mendapat banyak sekali hikmah dan pembelajaran yang bisa diterapkan setelahnya.

Para guru melakukan pembelajaran secara online untuk pertama kalinya. Dari hal ini kita sadar bahwa pembelajaran bisa terjadi dimanapun tanpa harus bertatap muka.

Begitu juga dengan orangtua yang jadi menyadari betapa sulitnya tugas guru mengajar muridnya. Kemudian, menimbulkan empati kepada guru yang tadinya belum ada.

Menurut Nadiem, timbulnya empati dan solidaritas di tengah masyarakat pada saat pandemi COVID-19 merupakan suatu pembelajaran yang harus dikembangkan.

"Bukan hanya pada masa krisis, tetapi juga pada saat krisis berlalu," ujar Nadiem.

Ia juga mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat untuk berinovasi. 

"Saatnya kita melakukan berbagai kegiatan eksperimen. Inilah kita mendengarkan hati nurani dan belajar dari COVID-19, agar menjadi masyarakat dan bangsa yang lebih baik pada masa depan," lanjutnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X