5 Proyek Jalan Tol yang Bakal Rampung pada Era Kedua Jokowi

- Senin, 23 September 2019 | 16:01 WIB
Kolase/Antara/PUPR.
Kolase/Antara/PUPR.

Pembangunan jalan tol merupakan salah satu infrastruktur yang menjadi fokus Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Mereka menargetkan jalan bebas hambatan bakal bertambah lebih dari 1.000 kilometer di Tanah Air. 

Sejumlah ruas proyek jalan tol pun dimasukkan ke daftar proyek strategis nasional (PSN). Pelaksanaannya diatur melalui Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Setidaknya ada 65 ruas jalan tol yang menjadi PSN. Pemerintahan Jokowi-JK pun berkomitmen mengejar beberapa proyek itu sebelum masa kerja berakhir, yakni Oktober 2019. 

Akan tetapi, ada sejumlah proyek jalan tol yang kemungkinan belum rampung hingga era Jokowi-JK berakhir. Infrastruktur itu diprediksi baru selesai saat pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Berikut ini setidaknya lima proyek jalan tol yang bakal rampung pada era kedua pemerintahan Jokowi

Tol Medan-Binjai

-
(Antara/Septianda).

PT. Hutama Karya (Persero) selaku operator tengah mempercepat pembangunan ruas tol Medan-Binjai, Sumatra Utara. Berdasarkan data awal September ini, seksi I ruas tol itu telah mencapai 89 persen. 

Dirut Hutama Karya, Bintang Perbowo, menargetkan proyek jalan tol dengan panjang 17 kilometer itu bakal dibuka penuh pada Desember 2019, mengingat dua seksi lainnya sudah beroperasi karena selesai sejak dua tahun lalu. 

Hingga saat ini, secara total pembangunan konstruksinya ruas tol Medan-Binjai mencapai 87 persen. Adapun lahan yang sudah dibebaskan mencapai 95 persen.

Tol Kunciran-Serpong

-
. (doc. Kementerian PUPR).

Tol Kunciran-Serpong merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road (JOOR) 2. Proses pengerjaannya pun nyaris rampung karena konstruksinya hampir 99 persen. 

Tol sepanjang 11 kilometer itu pun tengah menjalani proses uji laik fungsi sebelum resmi beroperasi. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, optimistis proyek ini selesai akhir Oktober 2019. 

"Kami targetkan Oktober beroperasi karena diminta masyarakat sekitar sini untuk membantu mereka mengurangi kemacetan," kata Basuki ketika meninjau lokasi, Jumat (20/9).

Saat beroperasi, sekitar 30.000 kendaraan akan melewati ruas tol Kunciran-Serpong. Jalan tol ini bakal menjadi alternatif masyarakat yang akan melakukan perjalanan menuju Tangerang-Merak, atau Serpong-BSD.

Tol Kunciran-Cengkareng

-
(Antara).

Progres fisik Tol JORR 2 Kunciran-Cengkareng baru mencapai 58 persen. Operator pun menargetkan ada peningkatan menjadi 80 persen saat September berakhir. 

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran terbagi menjadi empat seksi. Jalur bebas hambatan itu ditargetkan rampung pembangunannya akhir 2019.

Halaman:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X