Xanana Ajak Mahasiswa Timor Leste Untuk Beri Penghormatan Pada Habibie

- Selasa, 17 September 2019 | 11:10 WIB
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Presiden pertama Timor Leste Kay Rana Xanana Gusmao mengajak mahasiswa Timor Leste untuk memberi penghormatan terakhir kepada BJ Habibie dengan mengunjungi pusara Presiden RI ke-3 itu di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu pagi.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

Xanana mengatakan jika mahasiswa dari Timor Leste yang menempuh pendidikan di Indonesia perlu untuk berziarah ke makam Habibie karena telah berjasa pada pendirian negara, yang berjuluk "Bumi Loro Sae" itu.

"Mereka (mahasiswa, red) datang ke makam untuk memberi penghormatan kepada beliau. Jika bukan karena Pak Habibie, mereka tidak akan merasakan kebebasan yang ada hari ini," kata dia.

Xanana sendiri tiba di TMP Kalibata dengan didampingi oleh Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Alberto XP Carlos dan sekretaris pribadi Habibie, Rubijanto.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

Usai sampai di pusara Habibie, Xanana duduk terdiam selama beberapa menit sebelum akhirnya meletakkan rangkaian bunga dan menaburkan bunga di atas makam Habibie.

Setelah itu Xanana mengalungkan bunga di makam  istri Habibie, Hasri Ainun Besari.

-
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

 

Tak lama setelah prosesi ziarah berlangsung, putra Habibie, Ilham Akbar Habibie, datang di TMP Kalibata. Dengan menggandeng tangan Ilham, Xanana mengulang penaburan bunga di makam Habibie.

 

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

Polres Langkat Musnahkan Barbuk Ganja dan Sabu

Rabu, 17 April 2024 | 11:20 WIB
X