Viral Dugaan Pembubaran Paksa Ibadah di Cikarang, Ridwan Kamil Bereaksi

- Minggu, 19 April 2020 | 22:54 WIB
Dugaan pembubaran paksa ibadah Kristen di Cikarang (Screenshot)
Dugaan pembubaran paksa ibadah Kristen di Cikarang (Screenshot)

Viral di media sosial video yang memperlihatkan dua orang pria diduga membubarkan ibadah sebuah keluarga Kristen.

Berdasarkan video yang diunggah oleh Julio Sebastian Sihombing dan Arion Frederick Sihombing, seorang pria berpeci menghardik penghuni rumah.

Namun, orang yang merekam video merasa keberatan dengan pembubaran tersebut karena mereka hanya melakukan ibadah di rumah.

Peristiwa ini terjadi di Kp. Rawasentul rt/rw 01/04 Desa Jayamukti, kecamatan cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Ini kan ibadah biasa Pak," kata si perekam, Minggu (19/4/2020).

"Bukan masalah, ibadah, itu kaga boleh!" ujar pria berpeci.

Pria berpeci itu tampak keberatan jika direkam, sehingga berusaha untuk merebut ponsel tersebut. Namun, si perekam bersikeras melakukan hal tersebut sebagai dokumentasi.

"Saya video wajib dong. Saya bisa lapor nanti ini," kata si perekam video.

"Silakan laporkan!" jawab pria berpeci itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Julio Sebastian Sihombing (@juliosebastian27) on

Berdasarkan keterangan Arion dan Julio, mereka sedang melakukan ibadah di rumah karena di tengah pandemi virus corona Covid-19 ini, ibadah di gereja ditiadakan sementara. Tapi, tiba-tiba ada oknum hendak membubarkan ibadah.

"Kronologinya Kami biasa mengadakan ibadah dirumah setelah kejadian covid-19 ini, dan yang pasti keluarga inti tentunya, namun tiba tiba Pak Hj ini dan RT datang sontak marah marah sambil bawa kayu dan membubarkan ibadah kami.

"Aku langsung videoin kejadian itu, lalu dia pergi cuma kami takut nya nnt malam dia akan bawa masa (sekitar 12 tahun yang lalu rumah kami pernah didemo saat ibadah syukuran rumah, dan diteror 1 bulan penuh dilempari batu tengah malam, dan kami terpaksa berjanji agar tidak mengadakan ibadah dirumah).

Video ini pun telah dilihat oleh Gubernur Ridwan Kamil. Lewat kolom komentar dia sangat menyesalkan hal tersebut dan berjanji akan menindaklanjutinya.

Halaman:

Editor: Zega

Rekomendasi

Terkini

X