Anies Baswedan Jadi Pembicara Forum Pemimpin Kota Sedunia di Kolombia

- Selasa, 9 Juli 2019 | 10:03 WIB
photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
photo/ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta sejumlah jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 di Plaza Mayor Medellin Conventions and Exhibitions, Medellin, Kolombia, pada 10-12 Juli 2019.

Tahun ini, WCSMF mengangkat topik tentang kepercayaan atas kota. Tema utama yang diusung adalah 'Liveable and Sustainable Cities: Building a High Trust City'.

“Forum ini adalah forum tahunan yang akan diadakan untuk ke-10 kalinya. Saat ini, kita tinggal pada era di mana kompetisi di antara kota dan daerah tumbuh dengan pesat," kata Anies dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (9/7).

Dalam forum ini, nantinya setiap anggota WCSMF diharapkan mampu memperlihatkan transformasi kota dengan ciri-ciri, antara lain tingkat kepercayaan tinggi antara pemerintah dan warga, pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan berbasis komunitas, dan penguatan kepercayaan kepada pemerintah melalui ruang terbuka publik.

Adapun rangkaian kegiatan WCSMF 2019 akan terdiri dari dua sesi diskusi utama dan Gubernur Anies berkesempatan menjadi pembicara pada sesi kedua dengan tema "Enhancing Economic and Environmental Security".

Gubernur Anies akan memaparkan bahwa perencanaan merupakan kunci untuk infrastruktur yang efisien, andal, dan tahan bencana. Selain itu, Anies juga akan menjadi pembicara dalam C40 High-Level Event, yaitu Roundtable Discussion dengan tema 'How to make low carbon mobility in cities a bigger movement?'

C40 sendiri merupakan jaringan kota megapolitan dunia yang berkomitmen bersama-sama untuk mengentaskan masalah perubahan iklim. Anggota dari C40 ini terdiri dari 94 kota berafiliasi dan Jakarta adalah satu-satunya kota yang mewakili Indonesia.

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X