Pemprov Angkat Ekonomi Kreatif Dan Seni Di HUT Jakarta

- Kamis, 20 Juni 2019 | 17:22 WIB
ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan
ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengusung konsep ekonomi kreatif dan seni dalam perayaan HUT Jakarta ke-429.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan konsep ekonomi kreatif dan seni untuk mengangkat karya anak Jakarta yang kedepannya diharapkan mampu mendorong ekonomi kreatif dan pengembangan produk lokal yang dapat bersaing di era digital saat ini.

Untuk tema Anies mengangkat "wajah baru jakarta". Tema ini bukan sekedar menunjukkan fisik Jakarta melainkan cara pandang yang baru dalam membangun Ibukota.

"Harapannya konsep ini bisa mendatangkan turis domestik maupun mancanegara," ujar Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2019).

Anies menjelaskan untuk ekonomi kreatif, pihaknya akan menggelar pasar yang berpusat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Selain itu panitia HUT Jakarta juga mengadakan Semasa Piknik dan Pasar Raia Keliling. Semasa Piknik menghadirkan bazar kreatif dan menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif. 

"Ada lebih dari 60 pembuat produk kreatif yang akan ikut berpartisipasi," ujar Anies.

Sementara Pasar Raia Keliling akan dilengkapi dengan garage sale atau pasar barang atau pakaian bekas, penampilan musik, pameran instalasi lingkungan dan ditutup dengan air mancur menari. 

Untuk seni akan diadakan di terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat. Mahasiswa desain komunikasi visual (DKV) dan Rupakapala Universitas Paramadina bekerja sama dengan iMural akan melukis sisi utara dinding terowongan dengan tema Wajah Baru Jakarta.

Festival musik ‘Indie Festival’ berlangsung di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Parade kesenian Jakarnaval yang dibagi menjadi dua rute serta Jakarta International Photo Festival (JIPFest) 2019. 

JIPFest diklaim sebagai festival foto bertaraf internasional yang pertama kali diadakan di Indonesia. JIPFest mengangkat tema "Identitas" ini akan diadakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, dan beberapa ruang publik di Jakarta.

 

Editor: Administrator

Rekomendasi

Terkini

X