The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jokowi Harus Putar Otak Kirim Logistik untuk WNI di Tiongkok
Presiden Jokowi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A).
News

Jokowi Harus Putar Otak Kirim Logistik untuk WNI di Tiongkok

Sebab kota terisolasi.

Rabu, 29 Januari 2020 17:22 WIB 29 Januari 2020, 17:22 WIB

INDOZONE.ID - Presiden Joko Widodo menyiapkan cara untuk mengirim logistik ke Warga Negara Indonesia (WNI) di Tiongkok. Jokowi dan jajarannya harus 'memutar otak' karena wabah virus korona mengisolasi seluruh kota di negeri Tirai Bambu. 

"Paling penting komunikasi antara KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) dengan mahasiswa dan masyarakat yang ada di sana selalu terjalin baik. Ini nanti dalam 4-5 hari urusan logistik yang akan dicarikan solusi," kata Jokowi di sela kunjungan kerja di Cimahi, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

Pemerintah sejatinya bisa mengevakuasi seluruh WNI di Tiongkok. Namun, langkah itu terpaksa belum dilakukan karena seluruh kota dikarantina pemerintah setempat. 

"Pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi. Akan tetapi, sekali lagi, kota-kota itu masih dikunci," tutur Jokowi

Para WNI di Tiongkok sebagian besar berstatus mahasiswa. Namun, kondisi mereka mulai memprihatinkan karena kebijakan isolasi dari pemerintah setempat akibat virus korona. 

Pemerintah RI melalui Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, bakal mengambil langkah diplomatik untuk memulangkan para WNI dari Tiongkok ke Tanah Air. 

Aparat keamanan pun mendukung penuh upaya pemerintah RI memulangkan para WNI. TNI AU telah mengonfirmasi bakal menyiapkan tiga pesawat untuk melancarkan proses tersebut. 

"TNI AU siap (evakuasi WNI di Tiongkok) 24 jam," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsma TNI Fajar Adriyanto, Rabu (29/1/2020).

Artikel Menarik Lainnya

TAG
Ivanrida
Ivanrida

Ivanrida

Writer

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US