Asrama Haji Pondok Gede Jadi Tempat Penampungan WNI dari Tiongkok

- Kamis, 30 Januari 2020 | 16:58 WIB
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (30/1/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto di Gedung DPR RI Jakarta, Kamis (30/1/2020). (INDOZONE/Mula Akmal)

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), Marsekal Hadi Tjahjanto, menegaskan pihaknya siap mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok. Waktu evakuasinya tinggal menunggu perintah dari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Hadi pun mengatakan Asrama Haji Pondok Gede bakal dijadikan tempat isolasi untuk WNI dari Wuhan. Area itu disiapkan oleh Kepala Pusat Kesehatan (Kapuskes) TNI demi mencegah situasi buruk terjadi.

“Ya (Asrama Haji Pondok Gede), dari Kapuskes,” ucap Hadi ketika dikonfirmasi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Hadi menjelaskan, pihaknya juga sudah memerintahkan Kapuskes TNI bersama Dinas Kesehatan (Diskes) untuk menyiapkan peralatan apa yang harus dibawa, antara lain baju hazmat (pakaian dekontaminasi), thermal detector, serta ruang isolasi di Tanah Air.

“Tinggal kita koordinasi dengan Menlu kapan kita diberangkatkan,” tutur Hadi.

Evakuasi nanti, sambung Hadi, diwacanakan menggunakan pesawat komersil Lion Air. Maskapai itu disiapkan untuk membantu atas pertimbangan Menlu sebagai leading sector dalam evakuasi ini.

TNI juga bakal memberdayakan beberapa pesawat dan tenaga medis. Terkait pesawat, TNI menyiagakan pesawat milik instansi, serta adanya opsi penggunaan pesawat sipil milik Lion Air.

“Seandainya pun mencarter pesawat sipil itu (Lion Air) juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari Ibu Menlu,” ungkapnya.

Artikel Menarik Lainnya

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Berawal Saling Tatap, ODGJ Bacok Tetangga di Kepala

Selasa, 23 April 2024 | 19:30 WIB
X