Menko Airlangga: Stimulus Rp405,1 Triliun untuk Jaga RI Tidak Resesi
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA/Nova Wahyudi)
News

Menko Airlangga: Stimulus Rp405,1 Triliun untuk Jaga RI Tidak Resesi

Tidak hanya stimulus saja dilakukan.

Rabu, 01 April 2020 18:20 WIB 01 April 2020, 18:20 WIB

INDOZONE.ID - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan, stimulus Rp405,1 triliun yang digelontorkan pemerintah melalui perubahan APBN 2020 tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menjaga agar skenario terburuk yaitu pertumbuhan ekonomi minus 0,4% seperti yang digambarkan Menkeu Sri Mulyani tidak benar-benar terjadi. 

"Saya beri gambaran secara umum, bahwa skenario Rp405,1 triliun ini adalah stimulus yang diberikan agar kita tidak masuk di dalam skenario buruk. Jadi tentunya dalam kebijakan ini kita dorong pada APBN-P berada pada skenario yang moderat," ujar Menko Airlangga dalam video confference, Rabu (1/4/2020). 

Menurut Menko Airlangga, tidak hanya stimulus saja yang disiapkan pemerintah, melainkan juga tools-tools lain yang bisa digunakan untuk meredam dampak ekonomi dan sosial dari pandemi virus corona ini. 

"Tentu pemerintah mempunyai tools yang lain, termasuk di dalamnya yang tadi disampaikan yang terkait dengan recovery bond, di mana recovery bond itu juga sedang dibahas dengan Kementerian Keuangan dan juga nanti dengan BI dan OJK, di mana kita bisa memberikan support kepada perbankan atau lembaga keuangan untuk bisa merestrukturisasi sektor riilnya," jelasnya. 

Meski demikian, terkait rencana penerbitan recovery bond dalam bentuk rupiah tersebut masih akan didalami lagi. Jika kebijakan tersebut betul-betul dijalankan, maka Perppu Nomor 1 Tahun 2020 bisa menjadi landasannya. 

"Ini nanti dan di dalam Perppu dimasukan yang bisa subscriber di primary market itu bukan saja pihak lain, tetapi pihak perbankan dalam hal ini BI dan juga nanti pihak BUMN ataupun swasta dapat ikut mensupport di dalam recovery bond ini," pungkasnya. 

Artikel Menarik Lainnya:


TAG
Susi Fatimah
Sigit Nugroho

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US