The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Kasus Omicron Terus Bertambah, Anies: Waspadai Pintu Masuk
Penerbangan dibatalkan. (REUTERS/Dieu-Nalio Chery)
News

Kasus Omicron Terus Bertambah, Anies: Waspadai Pintu Masuk

Senin, 27 Desember 2021 11:14 WIB 27 Desember 2021, 11:14 WIB

INDOZONE.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mewanti-wanti agar seluruh masyarakat ibu kota untuk waspada terhadap penyebaran virus Corona dengan varian Omicron yang saat ini terus bertambah di tanah air.

Pasalnya diketahui, saat ini penyebaran Omicron di Indonesia sudah bertambah sebanyak 27 kasus baru. Sehingga, total warga yang terinfeksi kini mencapai 46 orang.

Baca juga: Cegah Omicron, Menkes: Tidak Usah Keluar Negeri, Sumber Penyakit

"Ini soal Omicron harus hati-hati karena ini angkanya sudah mulai naik dari ada 27 kasus baru," ucap Anies ketika menghadiri acara di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/12/2021).

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan bahwa mayoritas warga yang terkonfirmasi terpapar Omicron dikarenakan usai melakukan perjalanan ke luar negeri.

Maka dari itu, Anies meminta agar pintu kedatangan yang menjadi akses masyarakat atau WNA yang datang dari luar negeri untuk diawasi secara ketat guna mencegah adanya penyebaran varian Omicron di tanah air lebih banyak lagi.

"Betul-betul pengetatan di pintu masuk penting sekali. Karena itu jaga pintu masuknya. Tapi mudah-mudahan kita bisa terlindungi," tandasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Kesehatan melaporkan adanya penambahan 27 kasus baru varian Covid-19, Omicron di Indonesia pada 26 Desember 2021. Dengan penambahan itu, total kasus Omicron yang ditemukan di Indonesia mencapai 46 orang.

Temuan itu dari hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) oleh Badan Litbangkes yang keluar pada tanggal 25 Desember 2021. Sebanyak 26 Kasus merupakan imported case, diantaranya 25 WNI yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, Turki, dan 1 orang WNA Asal Nigeria. Sementara satu kasus positif merupakan Tenaga Kesehatan di RSDC Wisma Atlet.

Artikel menarik lainnya:

TAG
Ristuyana
Sarah Hutagaol
Ristuyana

Ristuyana

Editor
Sarah Hutagaol

Sarah Hutagaol

Reporter
JOIN US
JOIN US