Tempat Tinggal Tertua dalam Sejarah Milik Manusia Purba Ditemukan

- Selasa, 4 Mei 2021 | 19:56 WIB
Gua Wonderweck (Michael Chazan/Hebrew University of Jerusalem)
Gua Wonderweck (Michael Chazan/Hebrew University of Jerusalem)

Para ilmuwan baru saja menetapkan bukti tertua tempat tinggal manusia purba di dalam gua yang dibangun sekitar 1,8 juta tahun yang lalu

Situs Gua Wonderwerk di Afrika Selatan adalah salah satu dari sedikit tempat di Bumi di mana aktivitas manusia dapat ditelusuri kembali secara terus menerus selama ribuan tahun.

Dalam riset yang dilakukan Quaternary Science Reviews, analisis dari tempat tinggal manusia purba tersebut ditemukan lapisan sedimen yang mengandung tulang hewan, sisa-sisa api yang terbakar, dan perkakas batu Oldowan.

Benda yang terbuat dari bebatuan sederhana dengan serpihan serpihan yang dipotong untuk mempertajamnya dan dapat dikatakan merupakan langkah maju di masa itu di teknologi perkaskas.

Baca Juga: Peneliti Berhasil Temukan Jejak Kaki Manusia Purba di Arab Saudi, Berusia 120 Ribu Tahun

Lalu ditemukan pula artefak alat-alat di situs lain yang diperkirakan berasal dari 3,3 juta tahun yang lalu.

Temuan baru tersebut dianggap sebagai tanda paling awal dari manusia prasejarah yang terus menerus hidup di dalam gua dengan penggunaan api dan perkakas di satu lokasi tetap di dalam ruangan.

"Kami sekarang dapat mengatakan dengan yakin bahwa nenek moyang manusia kami membuat perkakas batu Oldowan sederhana di dalam Gua Wonderwerk 1,8 juta tahun yang lalu," kata ahli geologi Ron Shaar dari Universitas Ibrani Yerusalem di Israel seperti dilansir dari Sciencealert.

Meskipun bukti kuno kebakaran hutan dan kebakaran manusia mungkin tercampur di situs terbuka, tidak demikian halnya di Gua Wonderwerk. 

Terlebih lagi, indikator lain dari manusia yang membuat api ditemukan yakni tulang dan abu yang terbakar, serta peralatannya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X