Fitur Pembayaran Via WhatsApp Bakal Tersedia di Sejumlah Negara, Indonesia Kapan?

- Kamis, 6 Mei 2021 | 11:40 WIB
Ilustrasi bayar uang via WhatsApp (Unsplash)
Ilustrasi bayar uang via WhatsApp (Unsplash)

WhatsApp akhirnya resmi merilis fitur pembayaran di Brasil, yang memungkinkan pengguna WhatsApp di negara tersebut saling mengirim uang lewat aplikasi.

Fitur ini pernah diuji coba tahun lalu, namun dinonaktifkan pemerintah setempat karena dinilai bisa merugikan bank dan sistem pembayaran lokal.

Namun, kini WhatsApp telah menerima otorisasi untuk merilis fitur itu lagi untuk mengirim uang ke teman dan keluarga (belum tersedia untuk mengirim uang ke bisnis).

"Kami sedang berupaya untuk meluncurkan ini kepada semua orang dengan cepat, tetapi bagi mereka yang mendapatkan akses terlebih dahulu: mengirim pembayaran ke teman akan membuka kunci fitur untuk mereka," kata WhatsApp dalam akun Twitter resminya, dikutip Kamis (6/5/2021).

Untuk menggunakannya,  pengguna cukup membuka obrolan dan ketuk menu berbagi obrolan. Jika di situ ada menu pembayaran berarti fitur sudah tersedia di ponsel pengguna.

Jika kamu tak mengaktifkan fitur ini, maka kamu akan menerima permintaan pembayaran dari kontak mana pun yang mengaktifkan fitur tersebut di akun WhatsApp miliknya.

Untuk membayar bisa menggunakan kartu debit atau bank prabayar dengan batas 5000 Reais atau sekitar Rp13,2 jutaan perbulannya. 

Permintaan Pembayaran adalah konsep yang sudah digunakan untuk mengaktifkan Pembayaran WhatsApp UPI di India.

Meksiko, Inggris, dan Spanyol diprediksi akan menjadi negara berikutnya yang mengaktifkan pembayaran via WhatsApp.

Kira-kira kapan fitur ini dirilis di Indonesia dan apakah kamu tertarik menggunakannya?

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X