Luhut Pasang Badan Bela China: Kita Jangan Marah Terus Sama China

- Selasa, 15 Juni 2021 | 13:10 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Menko Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan meminta China tidak dipandang sebelah mata. Luhut memuji China punya andil besar dalam menangani pandemi Covid-19 di dunia, termasuk Indonesia.

Contohnya menyediakan obat-obatan. Luhut mengklaim 2/3 obat-obatan dunia diproduksi oleh China. Karena itu, dia berharap masyarakat tidak terlalu anti kepada China.

"Kita juga jangan marah-marah terus sama China, ternyata dua pertiga obat-obat dunia diproduksi di China. Apa yang namanya MIT, Harvard pesannya ke China," ujar Luhut, Selasa (15/6).

"Jadi kita sendiri kadang-kadang merasa China itu kelas dua, China itu sudah masuk high end sekarang," sambungnya.

Karena itu, Luhut bersyukur Indonesia memiliki hubungan baik dengan China. Diplomasi ini harus dimanfaatkan agar Indonesia mendapat kesempatan transfer teknologi.

"Sehingga bahan baku dasar obat itu pun kita dapat sehingga kalau ada lockdown di beberapa negara seperti yang terjadi waktu India lockdown. Kita tidak ada masalah dengan apa namanya paracetamol yang kita belum ada produksi sekarang, alhamdulillah kita sudah mulai produksi, walaupun masih ada hambatan menurut pak Budi (Menkes Budi) di sana-sini," kata Luhut.

Hubungan baik itu juga akan dimanfaatkan Luhut untuk mendapatkan investasi sebanyak mungkin dari China.

"Kebetulan hubungan kita dengan mereka sangat baik, kita manfaatkan itu untuk teknologi transfer ke kita, mereka investasi ke kita," tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Zega

Tags

Rekomendasi

Terkini

X