The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Waspada Uang Palsu
Ilustrasi uang palsu. (Antara)
News

Jelang Lebaran, Masyarakat Diimbau Waspada Uang Palsu

Waspada kejahatan lainnya.

Jumat, 23 April 2021 17:34 WIB 23 April 2021, 17:34 WIB

INDOZONE.ID - Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai tindak kejahatan peredaran uang palsu oleh pihak tertentu yang memanfaatkan momentum saat menjelang hari raya Lebaran di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Antisipasi kepada masyarakat jangan sampai tertipu, menjadi korban penipuan peredaran uang palsu," kata Doni seperti dilansir Antara di Tasikmalaya, Jumat (23/4/2021).

Ia menuturkan momentum menjelang Idul Fitri seringkali terjadi peningkatan kasus kriminalitas, salah satunya kasus peredaran uang palsu di tengah aktivitas masyarakat yang sedang berbelanja.

Ancaman kejahatan itu, kata dia, harus menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat agar tidak menjadi korbannya dengan tetap waspada dan teliti dalam setiap transaksi.

"Harus dicek untuk bisa membedakan mana uang asli dan uang palsu, saya kira perlu nanti masyarakat mengerti tentang bagaimana cara membedakan itu (uang)," katanya.

BACA JUGA: Viral, Seorang Pria Mengeluarkan Uang dari Sarung, Netizen: Uang Palsu

Ia menambahkan ancaman lainnya tidak hanya peredaran uang palsu tapi tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor dan rumah pun seringkali terjadi sehingga harus selalu diwaspadai oleh masyarakat.

"Harus hati-hati terhadap pencurian sepeda motor dan pencurian lainnya seperti pencurian rumah," katanya.

Ia menyampaikan jajarannya akan melaksanakan rapat untuk persiapan pengamanan menjelang dan sesudah perayaan Idul Fitri di wilayah hukum Polres Tasikmalaya Kota.

Rapat tersebut, kata dia, tidak hanya membahas mengantisipasi ancaman tindakan kejahatan, tapi memberlakukan sejumlah aturan bagi masyarakat salah satunya terkait larangan takbir keliling kota karena masih pandemi COVID-19.

"Aturan tidak melibatkan banyak orang, persiapan nanti Idul Fitri biasanya ada aktivitas takbir keliling agar tidak dilakukan oleh masyarakat," kata Doni.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
Edi Hidayat

Edi Hidayat

Editor
TERKAIT DENGAN INI
JOIN US
JOIN US