The Most Engaging Media For Millennials and GEN Z

Pemerintah Batalkan Pelaksanaan Haji 2021, DPR: Keselamatan Jiwa Harus Jadi Prioritas
Indonesia tak berangkatkan jamaah haji tahun ini (Saudi Press Agency/Handout via REUTERS)
News

Pemerintah Batalkan Pelaksanaan Haji 2021, DPR: Keselamatan Jiwa Harus Jadi Prioritas

Menjaga jiwa merupakan salah satu dari lima maqashid syariah.

Jumat, 04 Juni 2021 09:03 WIB 04 Juni 2021, 09:03 WIB

INDOZONE.ID - Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah memutuskan untuk meniadakan penyelenggaraan Ibadah Haji  1442 H/2021 M. 

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa keputusan untuk tidak memberangkatkan haji sudah dipikirkan secara matang oleh pemerintah.

Pasalnya salah satu pertimbangan utamanya, kata pria yang akrab Gus Ami ini adalah bahwa saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi sehingga pertimbangan keselamatan jiwa menjadi prioritas. 

”Dalam ajaran Islam, menjaga jiwa merupakan salah satu dari lima maqashid syariah, selain menjaga agama, akal, keturunan, dan harta yang harus dijadikan sebagai dasar pertimbangan utama dalam penetapan hukum atau kebijakan oleh pemerintah agar terwujud kemaslahatan bagi masyarakat,” kata Gus AMI, Kamis (3/6/2021).

Karena itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini meminta masyarakat untuk bisa memahami bahwa keputusan yang diambil pemerintah merupakan kebijakan terbaik untuk kemaslahatan umat. 

Baca Juga: Menhan Prabowo Jelaskan Rencana Strategis Pertahanan Indonesia, Ini Rincian Anggarannya

Kementerian Agama mengumumkan penyelenggaraan ibadah Haji 1442 H/2021 M. Dimana memutuskan untuk membatalkan keberangkatan jamaah Haji karena pandemi Covid-19 masih melanda.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers di kantor Kemang, Kamis (3/6/2021).

“Kami pemerintah melalui Kementerian Agama menerbitkan keputusan Menteri Agama RI nomor 660 tahun 2021 tentang kebatalan keberangkatan penyelenggaraan haji tahun 1442/2021,” kata Yaqut.

“Atas pertimbangan tersebut, dan komunikasi dari hati ke hati dengan DPR RI dan komunikasi dengan alim ulama dan pimpinan Ormas Islam, dan tentu dengan penyelenggara haji dan umrah,” imbuh Yaqut.

Artikel Menarik Lainnya:

TAG
Edi Hidayat
M Fadli
Harits Tryan Akhmad

ARTIKEL LAINNYA

LOAD MORE

You have reached the end of the list. Want More? #KAMUHARUSTAU

JOIN US
JOIN US