Badai Ida Tewaskan Sedikitnya 50 Orang di Timur Laut AS, Warga Kehilangan Rumah Tinggal

- Senin, 6 September 2021 | 10:44 WIB
Mobil=mobil terparkir kerendam banjir bandang akibat Badai Ida yang terjadi New York, AS. (REUTERS/Bastiaan Slabbers).
Mobil=mobil terparkir kerendam banjir bandang akibat Badai Ida yang terjadi New York, AS. (REUTERS/Bastiaan Slabbers).

Korban tewas akibat Badai Ida di Timur Laut Amerika Serikat (AS) meningkat pada Minggu menjadi sedikitnya 50 korban. Beberapa kota seperti  New York, Connectivut, Maryland dan sekitarnya terdampak paling besar atas kejadian ini.

Mengutip Antara, curah hujan Ida yang memecahkan rekor sebesar 3,1 inci per jam, tercatat di Central Park Kota New York pada 1 September, menyebabkan tembok-tembok air menghantam kegiatan bisnis, sistem transportasi umum dan 1.200 rumah, menyebabkan kerusakan lebih dari $50 juta atau sebesar Rp713 miliar, kata Gubernur Kathy Hochul .

"Jumlah korban manusia sangat besar," kata Hochul, menceritakan perjalanan ke East Elmhurst di wilayah kota Queens untuk menaksir kerusakan.

"Seorang wanita berusia 89 tahun menangis di pelukan saya. Dia tidak punya apa-apa lagi setelah tinggal di rumah itu selama lebih dari 40 tahun," kata Hochul.

Baca Juga: Transaksi Perdagangan Indonesia-China Resmi Pakai Yuan, Tinggalkan Dollar AS

-
Foto satelit memperlihatkan TD Bank Ballpark terendam banjir, setelah Badai Ida melanda perkotaan Bridgewater di New Jersey, Amerika Serikat, Kamis (2/9/2021). (Maxar Technologies/Handout via REUTERS).

Gubernur New York sebelumnya telah memperoleh deklarasi bencana darurat dari Presiden Joe Biden.

Gubernur New York pada Minggu menandatangani dokumen untuk meminta uang federal terkait untuk menutupi biaya perumahan sementara serta membangun kembali rumah, mungkin di lokasi yang tidak terlalu rawan banjir.

New York mencatat 17 kematian, empat di Westchester County dan sisanya di New York City, di mana hampir semua korban terperangkap di apartemen bawah tanah ilegal yang merupakan salah satu pilihan terakhir yang terjangkau bagi penduduk berpenghasilan rendah di daerah tersebut, ujar juru bicara gubernur.

Di New Jersey, terdapat 27 kematian akibat badai dan empat orang masih hilang, kata juru bicara Gubernur Phil Murphy.

Di antara yang hilang adalah dua mahasiswa yang terakhir terlihat di Passaic, New Jersey, pada Rabu ketika banjir Ida menyapu mereka.

Sebuah misa mahasiswa diadakan pada hari Minggu di Seton Hall University di South Orange untuk mendoakan Nidhi Rana.

-
Salah satu gedung yang lumpuh karena banjir akibat Badai Ida di New York, AS. (REUTERS/Drone Base).

Nidhi Rana, mahasiswa tahun pertama dari Passaic yang terakhir terlihat bersama temannya Ayush Rana, mahasiswa Montclair State University, ketika air menggenangi mobilnya.

"Bergabunglah dengan saya dalam menjaga Nidhi dan Ayush dalam doa-doa Anda agar mereka kembali dengan selamat," kata Presiden Seton Hall Joseph Nyre dalam sebuah surat kepada para siswa.

Baik Polisi Passaic maupun Pemadam Kebakaran tidak segera menanggapi permintaan Reuters untuk informasi lebih lanjut.

Halaman:

Editor: Fahmy Fotaleno

Tags

Rekomendasi

Terkini

X