Tangki Kilang Pertamina Cilacap Terbakar, Ini Beberapa Kebakaran yang Serupa

- Sabtu, 13 November 2021 | 21:50 WIB
Kebakaran kilang minyak Pertamina. (Photo/Istimewa)
Kebakaran kilang minyak Pertamina. (Photo/Istimewa)

Tepat pada pukul 19.00 WIB pada Sabtu (13/11/2021) kilang minyak PT Pertamina Refinery Unit IV Cilacap di Jawa Tengah mengalami kebakaran.

Rekaman video yang beredar memperlihatkan kebakaran cukup dahsyat dengan si jago merah yang cukup membara. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Dilansir dari Antara, Sabtu (13/11/2021), lokasi tangki yang terbakar itu berada di Banjaran, Kelurahan Donan, tidak jauh dari pintu gerbang masuk utama Kilang RU IV Cilacap. 

Petugas terus berupaya memadamkan kobaran api agar tidak semakin membesar. Di samping itu, ada beberapa kebakaran serupa yang dirangkum, berikut daftarnya.

Kebakaran Kilang Balongan

-
Kebakaran Kilang Balongan. (Photo/Istimewa)

Sebelumnya, pada 29 Maret 2021 lalu, terjadi kebakaran kilang PT Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu. Berdasarkan hasil investigasi independen yang dilakukan oleh pihak eksternal, kebakaran tersebut karena terjadi kebocoran di dinding Tangki G dengan penyebab yang berbeda-beda dari setiap hasil investigasinya.

Hasil investigasi dan analisis menjelaskan bahwa penyebab kebocoran akibat sambaran petir atau induksi pada Tangki G yang berdampak terjadinya segitiga api (udara oksigen, vapor hydrocarbon, serta sambaran petir).

Baca juga: Daftar Tiga Orang yang Bangkit dari Kegagalan, Kini Menjadi Sangat Terkenal dan Memotivasi

Kebakaran Kilang Cilacap Part 1

-
Kebakaran Kilang Cilacap Part 1. (Photo/Istimewa)

Selain Kilang Balongan, ternyata kilang Cilacap pernah mengalami kebakaran di periode pertama. Insiden itu terjadi pada 11 Juni 2021 lalu. Kebakaran itu terjadi di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area kilang Cilacap.

Bundwall atau bunding adalah dinding penahan yang dibangun di sekitar penyimpanan di mana zat yang berpotensi mencemari ditangani, diproses atau disimpan, untuk tujuan menahan keluarnya material yang tidak diinginkan dari area itu sampai saat tindakan perbaikan dapat diambil.

Kemudian, kebakaran tangki terjadi di Komplek Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah. Salah satu area tangki/bundwall itu berisi Benzene. Benzene adalah suatu senyawa organik atas enam atom karbon yang berikatan dalam suatu cincin, dengan satu atom hidrogen yang terikat pada masing-masing atom karbon.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo Dini Hari

Kamis, 25 April 2024 | 14:57 WIB
X